Search

Spion Kecil di Motor Batasi Jarak Pandang

Efek pakai spion kecil di motro malah mengurangi jarak pandang untuk melihat ke belakang. Bike Exif

Jakarta: Ada hal yang musti dipertimbangkan oleh biker ketika hendak mengganti spion tunggangannya dengan produk aftermarket. Jangan sekadar mengutamakan tampilan yang keren tapi mengorbankan fungsi spion sebenarnya.

Salah satu yang kerap kali dilakukan biker adalah mengganti spion bawaan pabrikan dengan produk aftermarket berdimensi lebih kecil. Efeknya malah mengurangi jarak pandang untuk melihat ke belakang.
 
HSE dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Palubuhu membeberkan, hal itu sangat berpengaruh terhadap faktor keselamatan berkendara. 

Menurutnya, efek utama mengganti spion standar dengan spion yang lebih kecil adalah menganggu pandangan ke belakang dan membuat jarak pandang pengendara menjadi lebih sempit. 

"Efek dari mengganti spion yang lebih kecil itu menyebabkan keterbatasan pandangan ke belakang dan sudut blind spot meluas," paparnya.

Jusri menyarankan agar kendaraan roda dua sebaiknya tetap menggunakan spion standar. Tujuannya agar memperkecil sudut blind spot saat berkendara, sehingga pengendara tetap bisa melihat kondisi di sekitarnya dengan leluasa.

Menurut data Kepolisian Republik Indonesia, selama 2014 kasus kecelakaan lalu lintas mencapai 26.651 kasus. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang menyentuh angka 26.414 kasus. 

Sebuah data yang sangat mengerikan dan seharusnya pengendara kendaraan bermotor harus lebih tertib dan waspada dalam berkendara demi keselamatan bersama.

(UDA)


Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2HOHbyR

February 04, 2019 at 09:11AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Spion Kecil di Motor Batasi Jarak Pandang"

Post a Comment

Powered by Blogger.