Search

Bahas Bahasa

IDEnesia episode Bahas Bahasa. (Foto: Dok. Metro TV)

Jakarta: Bahasa merupakan alat pemersatu bangsa. Sering dianggap remeh, bahasa Indonesia sebenarnya kompleks dari penggunaan hingga ragam tata bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa yang baik akan memperlancar komunikasi antara atasan dengan bawahan, teman, dan rekan bisnis. Sementara dalam dunia jurnalistik, bahasa merupakan senjata dan kata-kata adalah pelurunya.

Permasalahan saat ini generasi muda kerap mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing. Padahal, percampuran bahasa Indonesia dan bahasa asing dengan alasan mengikuti perkembangan zaman tidak selamanya tepat.

Pada kesempatan ini, pakar bahasa Indonesia Ivan Lanin akan membahas mengenai ragam gaya bahasa Indonesia, termasuk pula istilah bahasa Indonesia yang terdengar tidak asing namun sebenarnya salah pelafalannya.

Ada juga Komika, Wira Setianagara yang menggunakan bahasa untuk materi komiknya yang puitis serta sajak-sajak yang sering dia twitkan di media sosial.

Selain bahasa Indonesia, ada pula komunitas Poliglot yang hadir dalam beragam bahasa. Kemapuan berbahasa asing adalah sebuah kebanggan dalam persaingan di dunia internasional. Namun, penguasaan atas bahasa Indonesia adalah sebuah keharusan. 

Saksikan selengkapnya pembahasan peran bahasa pada program IDEnesia dalam episode Bahas Bahasa pada Minggu, 3 Februari 2019, pukul 21.30 WIB, di Metro TV.

(ROS)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Sm2zQh

February 03, 2019 at 07:00PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahas Bahasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.