Search

Bertemu Trump, Ketua The Fed Bahas Ekonomi AS

Presiden AS Donald Trump bersama dengan Ketua the Fed Jerome Powell (Xinhua/Yin Bogu)

Washington DC: Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell melakukan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump pada Senin, 4 Februari 2019. 

Ini menjadi pertemuan pertama mereka sejak Trump terus menghujani Powell dengan kritik terkait kebijakan menaikkan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) yang cukup agresif pada tahun lalu.

The Fed dalam sebuah pernyataan menjelaskan pertemuan tersebut sebagai jamuan informal dari Gedung Putih untuk membahas perkembangan ekonomi yang mencakup prospek pertumbuhan, lapangan kerja, dan inflasi.

Makan malam berlangsung 90 menit yang turut dihadiri Wakil Ketua The Fed Richard Clarida dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin. 

"Pertemuan ini jauh lebih kasual dibandingkan pertemuan Oval Office. Mereka memiliki pertukaran pandangan yang bagus," ujar pejabat senior Gedung Putih seperti dilansir CNBC, Selasa, 5 Februari 2019.

Adapun Powell tetap konsisten dengan pernyataannya pekan lalu, bahwa pihaknya tidak membahas ekspektasi kebijakan moneter, kecuali untuk menekankan bahwa kebijakan yang dijalankannya bergantung pada perkembangan ekonomi dan dampaknya pada masa depan perekonomian AS.

Diberitakan sebelumnya, Trump mengecam The Fed dalam menaikkan suku bunga, dan menyebut bank sentral telah melakukan kebijakan di luar kendali.

The Fed pada akhir Desember 2018 menaikkan suku bunga jangka pendek sebanyak 25 basis poin. Kenaikan pada saat itu menandai naiknya suku bunga the Fed untuk keempat kalinya sepanjang 2018, dan menjadi langkah kesembilan sejak akhir 2015, ketika bank sentral bergerak maju di jalur normalisasi kebijakan moneter.
 
Akan tetapi, the Fed mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat pada 2019 karena ekonomi AS diperkirakan mendingin.

(Des)


Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2SrzMtp

February 05, 2019 at 04:37PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bertemu Trump, Ketua The Fed Bahas Ekonomi AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.