Search

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hari Ini

Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan siswa yang masuk  pemeringkatan dan eligible (berhak) mendaftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) hari ini, Senin, 4 Februari 2019 mulai pukul 08.00-15.00 WIB.  Jumlah siswa yang berhak mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 siswa.

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi mengatakan, jumlah sekolah yang siswanya memenuhi syarat bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.  "Bagi siswa yang eligible dapat segera mendaftar mulai 4 Februari pukul 14.00 WIB sampai tanggal 14 Februari 2019," seru Ravik, di Jakarta, Minggu malam, 3 Februari 2019.

Jumlah tersebut diperoleh, setelah LTMPT melakukan pemeringkatan dari 995.781 siswa yang telah memverifikasi data di laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).  Pemeringkatan dilakukan oleh sistem LTMPT, berdasarkan nilai mata pelajaran di jurusan IPA (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi). Sedangkan jurusan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi).

Baca: Mendikbud Minta Hapus Ketentuan Akreditasi di SNMPTN

Kemudian untuk jurusan Bahasa (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing). Sementara SMK (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)).

"Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019," kata Ravik.

Menurut Ravik, pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, dan diperuntukkan bagi mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id.  "Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id," terang rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

Ravik juga menjelaskan, proses pendaftaran SNMPTN diperuntukkan bagi siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password log in ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Baca: 955.474 Siswa Selesai Verifikasi Data di PDSS

Setelah masuk, siswa pendaftar diminta mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). 

"Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan," ujar Ravik.

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

"Terakhir, siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN," tutup Ravik.

(CEU)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2S5Ot69

February 04, 2019 at 12:01AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hari Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.