Search

Istana: Kondisi BJ Habibie Mulai Membaik

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan kondisi kesehatan Presiden ke-3 RI BJ. Habibie mulai membaik. Habibie tengah dirawat di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto setelah kesehatannya menurun dalam beberapa hari terakhir.

"Saya mendapat berita dari kabag bagian kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan, Prof dr Arsil Sani, bahwa kondisi beliau (BJ. Habibie) membaik," kata Setya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/9).

Setya mengatakan tim dokter kepresidenan yang berjumlah 44 anggota ini dikerahkan untuk menangani kesehatan Habibie. Ia menyebut 34 dokter merupakan dokter spesialis atau ahli di bidangnya masing-masing, seperti ahli jantung, otak, dan lainnya.

Sementara 10 dokter merupakan dokter pribadi untuk presiden dan wakil presiden. Sebanyak 6 dokter untuk presiden, kemudian 4 dokter untuk wakil presiden

"Tim panel ini kapanpun dibutuhkan di kontak oleh katakan ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana," ujarnya.

Menurut Setya, penanganan kesehatan bagi Habibie selaku presiden ke-3 RI ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden RI.

Setya menyatakan bahwa pemerintah memberi pelayanan kesehatan bagi presiden, wakil presiden serta keluarga intinya. Ia menyebut para pemimpin dan mantan pemimpin bisa dirawat di rumah sakit rujukan utama, seperti RSPAD Gatot Subroto, RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri, dan RS PMI Bogor.

"Dalam hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. pembiayaan dimanapun beliau dirawat," tuturnya.

Lebih lanjut, Setya menyatakan Presiden Joko Widodo berencana menjenguk Habibie yang dirawat di RSPAD. Namun, ia belum mengetahui secara pasti kapan Jokowi akan menjenguk Habibie.

"Insyaallah. Tapi saya tidak tahu pasti kapan waktunya. Tapi tentu saja setiap kali ada mantan presiden maupun mantan wapres yg sakit biasanya beliau (menjenguk)," katanya.

Sebelumnya, Habibie dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto setelah kesehatannya menurun dalam beberapa hari terakhir. Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, menuturkan Habibie saat ini tengah menjalani perawatan intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di rumah sakit tersebut.

"Sesuai petunjuk TDK bahwa agar beliau (Habibie) mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh, maka untuk sementara waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi," kata Rubijanto saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat pada Minggu (8/9).

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2ZX3R3J
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Istana: Kondisi BJ Habibie Mulai Membaik"

Post a Comment

Powered by Blogger.