Search

Mahasiswa Minta Dikawal Demo ke Mabes, TNI Arahkan ke Kodam

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi mengatakan bahwa mahasiswa bisa meminta bantuan ke komando daerah militer (kodam) jika ingin didampingi saat menggelar unjuk rasa. Dia menyebut kewenangan itu sudah bukan lagi milik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Diketahui, ratusan mahasiswa menggelar aksi di dekat Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur lantaran ingin didampingi berunjuk rasa.

"Kewenangan Panglima sudah dibagi habis ke satuan bawah. Mereka seharusnya minta ke tingkat pangdam. Panglima kan sudah dibagi habis kewenangannya kata Sisriadi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (25/9).

Meski begitu, bukan berarti TNI ingin ikut dalam kegiatan yang bersifat politik. Sisriadi menampik hal tersebut.

Sisriadi menegaskan bahwa TNI tidak akan ikut campur dalam kegiatan politik praktis.

Dia lalu menjelaskan bahwa TNI bisa ikut membantu mengamankan aksi demonstrasi jika memang dibutuhkan. Nantinya, itu akan diserahkan di level kodam di daerah yang bersangkutan.

"Urusannya diserahkan komandan di bawah dan mereka punya prosedur masing-masing dan itu kan tugas perbantuan," kata Sisriadi.

Ihwal unjuk rasa mahasiswa yang dilakukan di dekat Mabes TNI, Sisriadi tidak ingin bicara banyak. Dia mengatakan bahwa mahasiswa sudah melakukan itu dengan tertib.

Dia menjelaskan bahwa Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sedang tidak berada di Jakarta hingga beberapa hari ke depan. Karenanya, keinginan mahasiswa untuk bertemu Hadi tidak akan bisa tercapai.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingin ditemui mahasiswa yang berharap TNI ikut serta dalam unjuk rasa di gedung DPR/MPR selanjutnyaPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingin ditemui mahasiswa yang berharap TNI ikut serta dalam unjuk rasa di gedung DPR/MPR selanjutnya (CNN Indonesia/Hesti Rika)
"Sedang di Palangkaraya mengecek pembuatan titik hujan. Kemarin kan Riau berhasil. Jambi berhasil. Jadi beliau melihat sekarang di Kalteng, nanti lanjut di Kalbar," ucap Sisriadi.

Ratusan mahasiswa berkumpul di dekat Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (25/9). Mereka meminta TNI untuk ikut serta dalam aksi di depan Gedung DPR/MPR selanjutnya.

Kapolsek Cipayung, Jakarta Timur Kompol Abdul Rasyid mengatakan mahasiswa itu berasal dari Bandung dan Jakarta.

"Meminta dari pihak TNI ke Panglima TNI turun bersama-sama dengan mahasiswa ini untuk melakukan aksi damai [selanjutnya] di Gedung DPR/MPR, supaya pengamanan juga jangan cuma dari kepolisian," tutur Abdul saat dihubungi, Rabu (25/9).

Ratusan mahasiswa itu berkumpul sejak sore hari. Hingga pukul 19.30 WIB, mereka belum mau membubarkan diri. Abdul mengatakan para mahasiswa tetap ingin bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Keinginan mereka mau ketemu Panglima TNI, tapi belum ada fasilitas dari dalam (Mabes TNI). Sudah negosiasi dengan Mabes TNI tapi mereka tetap mau ketemu hari ini," tutur Abdul.
[Gambas:Video CNN] (bmw)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2lFzRM0
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahasiswa Minta Dikawal Demo ke Mabes, TNI Arahkan ke Kodam"

Post a Comment

Powered by Blogger.