Search

PKS Soal Gerindra Cari Nama Wagub Baru: Tidak Etis

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Syuro DPW PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menegaskan tak etis jika Partai Gerindra mengajukan nama baru dalam bursa calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Untuk diketahui, periode baru DPRD DKI Jakarta telah dimulai. Nama pimpinan dewan pun telah ditunjuk. Namun sampai hari ini pemilihan wagub DKI Jakarta tidak kunjung selesai. Sejak Sandiaga Uno mundur demi mengikuti Pilpres 2019 pada Agustus tahun lalu, hingga kini kursi Wagub DKI masih kosong.

PKS dan Gerindra sebelumnya sudah lama mengajukan dua nama cawagub yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun, molornya pemilihan cawagub itu menyebabkan munculnya isu pengajuan nama baru.


"Kan sebelumnya Gerindra sudah menyerahkan kepada PKS, masa minta lagi?" ungkap Suhaimi saat dihubungi, Jumat (4/10).

"Sekarang itu pak Syaikhu masih belum mengundurkan diri [dari DPR]. Jadi menurut saya sih selama Pak Syaikhu belum mengundurkan diri itu tidak etis untuk menyebutkan nama baru. Apalagi di DPRD pun belum ada proses apa-apa berikutnya," tambahnya.


Suhaimi kemudian menegaskan, partainya juga terus berkomitmen untuk bekerja dengan baik sesuai dengan aturan pemilihan cawagub.

Ia mengatakan pihaknya akan mendorong DPRD DKI untuk lebih serius dalam pemilihan serta menghindari segala kendala. Walaupun begitu, Suhaimi mengaku tidak dapat memastikansoal waktu yang bakal dilewati untuk proses itu.

"Ya nanti kita akan komunikasi dulu dengan pimpinan, nanti kan ada tatib (tata tertib) yang baru, kalau saya sih bisa besok ya besok, tapi kan ada aturan yang mengikat," ujar Wakil Ketua DPRD DKI tersebut.

"Misal harus ada panelis, ada paripurna, dan itu semuanya menunggu kelengkapan Dewan," sambungnya.


Sebelumnya, Syaikhu bersama 575 anggota DPR RI Periode 2019-2024 telah resmi dilantik. Ia pun mengaku siap mundur jika terpilih jadi wagub.

"Kalau memang serius [cawagub], dibahas dan saya harus maju dan partai memerintahkan saya di DKI saya tinggal mundur [dari DPR RI]," ungkap Syaikhu melalui keterangan tertulisnya.

Syaikhu sebelumnya pernah mengatakan pihaknya tidak akan mundur dari kompetisi cawagub DKI jika pemilihan dilakukan sebelum pelantikan anggota DPR RI. Alasannya, pemilihan itu sudah berlangsung sangat lama. Sedangkan, sambungnya, permasalahan Jakarta masih banyak yang belum diselesaikan.

[Gambas:Video CNN]

Mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu pun kini mengatakan keseriusan memilih wagub DKI ada di tangan DPRD DKI. Menurutnya satu langkah bisa langsung diambil untuk segera melakukan pemilihan.

"Sebetulnya semangatnya tinggal dari DPRD saja. Calonnya sudah diajukan sama Partai Gerindra dan PKS, dua nama yang dimasukkan Pak Agung [Agung Yulianto] dan saya. Sampai sekarang belum dicabut, kalau DPRD serius tinggal dipilih satu dari dua, itu selesai," kata dia.

(ani)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2nkreHq
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PKS Soal Gerindra Cari Nama Wagub Baru: Tidak Etis"

Post a Comment

Powered by Blogger.