Search

Jokowi: TNI-Polri Jamin Keamanan agar Ekonomi di Papua Normal

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan anggota TNI dan Polri siap menjamin keamanan di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat agar roda ekonomi di sana kembali pulih usai kerusuhan pecah beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau pembangunan kembali Pasar Wouma di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (28/10). Jokowi datang ke Wamena untuk melihat proses perbaikan usai kerusuhan yang menelan korban jiwa dan ribuan mengungsi kembali ke kampung halaman.

"Saya kira aparat TNI dan Polri siap menjamin keamanan agar roda ekonomi yang ada kembali normal," kata Jokowi lewat keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.


Jokowi menargetkan perbaikan Pasar Wouma, yang rusak akibat kerusuhan selesai dalam waktu dua minggu. Perbaikan dilakukan oleh anggota Zeni TNI. Rehabilitasi pasar menjadi prioritas pemerintah agar masyarakat bisa menggerakkan roda ekonomi.

"Insyaallah selesai dua minggu. Sudah langsung bisa dipakai, sehingga kegiatan ekonomi yang berada di pasar ini kembali pulih secepat-cepatnya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga sudah memerintahkan jajarannya untuk memperbaiki rumah warga maupun ruko yang rusak akibat kerusuhan. Menurutnya, perbaikan rumah warga itu akan dikerjakan lewat kerja sama Zeni dengan BUMN agar lebih cepat.

"Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena. Bukan hanya ekonomi di Wamena dan sekitarnya, kita harapkan di Tanah Papua juga sama. Saya mengecek beberapa di Papua Barat, di sini, akan normal kembali," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut perbaikan Kantor Bupati masih dalam proses. Menurutnya, perbaikan akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran perbaikan diambil dari Kementerian PUPR.

[Gambas:Video CNN]
Jokowi pun mengimbau agar seluruh masyarakat belajar dari pengalaman dan menjadikan pelajaran agar tak terulang kembali di kemudian hari. Menurutnya, masyarakat harus memegang komitmen untuk bersatu membangun Tanah Papua.

"Kalau yang berada di sini semuanya memegang komitmen untuk tetap selalu bersatu, bersama-sama membangun Tanah Papua, saya kira kesejahteraan dan kemakmuran akan cepat kita peroleh," tuturnya.

Sejak akhir pekan lalu, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah jajarannya melakukan kunjungan kerja, usai resmi dilantik, ke Papua dan Papua Barat. Pertama-tama Jokowi menyambangi Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (26/10).

Kemudian, ia bersama rombongan menuju Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu (27/10). Setelah itu, Jokowi berkunjung ke Kabupaten Kaimana. (fra/osc)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2p79iRz
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: TNI-Polri Jamin Keamanan agar Ekonomi di Papua Normal"

Post a Comment

Powered by Blogger.