Search

50 Warga NTB Perantau di Wamena Dipulangkan ke Bima

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 50 perantau asal Nusa Tenggara Barat di WamenaPapua dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Bima, NTB pada Minggu (6/10). Mereka sebelumnya sempat diungsikan ke Jayapura pasca kerusuhan Wamena.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial NTB, Amir yang saat ini berada di Sentani, Jayapura, mengatakan 50 warga NTB diberangkatkan pada Minggu pagi (6/10) sekitar pukul 07.45 WIT menggunakan pesawat komersil via Makassar menuju Bima.

"Rombongan pengungsi asal NTB dipulangkan menggunakan Lion Air JT 795 dengan jumlah pengungsi mencapai 50 orang yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Bima," ujar Amir kepada Antara.


Amir mengatakan keberangkatan para pengungsi asal Bima ini sempat tersendat. Karena pada saat yang sama, ada rombongan pengungsi dari provinsi lain, sekitar 20 orang yang ketinggalan pesawat.
Sebelumnya, pada Jumat sore (4/10) sebanyak 8 orang pengungsi asal NTB sudah lebih dulu dipulangkan ke kampung halamannya dari Jayapura.

Kepala Dinas Sosial Wismaningsih Drajadiah, dalam keterangannya mengatakan delapan warga yang telah dipulangkan sebelumnya berasal dari Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Sebelumnya telah ada pula 30 orang yang pulang secara mandiri atau dijemput keluarga.

Dia menjelaskan saat ini masih ada 77 orang dari Kabupaten Bima yang belum pulang, kemudian 4 orang dari Kabupaten Sumbawa, dan 3 orang dari Kabupaten Dompu. Sehingga total semua yang belum pulang sebanyak 105 orang.
[Gambas:Video CNN]
Sedangkan 55 warga NTB di Papua tidak pulang karena dinyatakan dalam kondisi aman. Mereka adalah petugas negara yang berprofesi sebagai TNI, Polri dan ASN di Wamena, Papua. Mereka merupakan orang-orang yang ikut membantu dalam proses pengamanan dan pemulangan warga NTB.

Wismaningsih menjelaskan dari total 105 orang yang pulang tersebut adalah masyarakat biasa. Dengan demikian sisa warga NTB yang belum pulang menjadi 97 orang dan masih berada di Wamena.


Mereka yang tersisa tersebut akan dipulangkan pada tahap kedua yakni pada Minggu sebanyak 50 orang. Sedangkan hari senin sebanyak 27 orang dan diperkirakan lagi sekitar 10 orang menunggu giliran untuk dipulangkan, karena baru Sabtu sore bisa turun dari Wamena.

Wismaningsih memastikan bahwa semua warga NTB di Wamena, Papua, dalam kondisi baik dan sehat.

(ANTARA/gil)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/30TGDfj
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "50 Warga NTB Perantau di Wamena Dipulangkan ke Bima"

Post a Comment

Powered by Blogger.