Search

Antisipasi Harimau, Akses Wisatawan Gunung Dempo Dibatasi

Palembang, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan membatasi waktu kunjungan wisatawan dan pendaki ke kawasan Taman Wisata Gunung Dempo sebagai buntut dari serangan harimau beberapa waktu lalu.

Pendaki dan wisatawan tidak diperkenankan bermalam atau berkemah hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Pariwisata Pagar Alam Syamsul Bahri Burlian mengatakan pihaknya memutuskan untuk membatasi kunjungan sebagai bentuk antisipasi masih ada hewan liar yang turun ke kawasan tersebut. Syamsul mengatakan kebijakan itu diambil demi tak lagi jatuh korban wisatawan akibat serangan harimau hingga situasi dinyatakan aman.


"Kita batasi pengunjung untuk tidak berkemah dan bermalam di Taman Wisata Gunung Dempo. Waktu kunjungan malam tidak diperbolehkan. Selain itu, kunjungan ke area Tugu Rimau juga ditutup sementara hingga ada informasi selanjutnya," ujar Syamsul, Jumat (22/11). Syamsul mengungkapkan pihaknya terus berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan terkait keberadaan Harimau Sumatera yang tidak hanya menyerang manusia di Gunung Dempo, namun juga di Kabupaten Lahat.

"Tidak kita tutup sepenuhnya, ada area yang boleh ada yang tidak. Berkeliling kebun teh atau Dempo Park masih boleh, Tugu Rimau tidak boleh. Waktunya juga kita batasi tidak boleh sampai malam karena masih rawan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Pos SAR Pagar Alam, Alfariz, mengatakan telah menutup jalur Tugu Rimau untuk pendaki. Sementara waktu, pendaki masih diperbolehkan mendaki Gunung Dempo lewat jalur Kampung 4.

"Ini supaya lebih tertib dan terkontrol. Pendaki yang lewat jalur Kampung 4 harus registrasi dulu di Pos SAR dan terdata. Penutupan ini sudah lama diwacanakan karena alasan keamanan. Sebab jalur Tugu Rimau hanya untuk jalur evakuasi saja," kata Alfariz.

[Gambas:Video CNN]

Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara mengatakan sudah mengeluarkan surat imbauan untuk wisatawan di Gunung Dempo agar tidak bermalam atau berkemah. Pihaknya pun masih menempatkan anggota untuk berpatroli di kawasan tersebut untuk mengantisipasi serangan susulan.

"Pembatasan khususnya di Tugu Rimau. Ini berlaku sampai dengan kawasan tersebut dinyatakan aman kembali. Saat ini, harus dibatasi dulu agar tidak ada yang menjadi korban lagi," kata dia.

(idz/kid)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2DbDvCa
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Antisipasi Harimau, Akses Wisatawan Gunung Dempo Dibatasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.