Search

Massa Demo Kantor Mahfud MD Tuntut Pemulangan Rizieq

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan orang dari Front Mahasiswa Islam (FMI) Nasional menggelar unjuk rasa di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Jumat (29/11). Mereka menuntut kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab

Massa mahasiswa ini membawa spanduk bertuliskan 'Jangan Halangi Habib Rizieq Shihab Pulang Indonesia'. Mereka juga meminta Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel untuk mundur karena tak dapat memulangkan Rizieq. 

"Kami anggap dubes RI untuk Arab Saudi tidak melindungi putra bangsanya, Habib Rizieq Shihab. Padahal itu tugasnya, dia malah bermain opini," ujar salah satu koordinator aksi Lutfi Hasbi Hasbullah.


Lutfi juga meminta Menkopolhukam Mahfud MD bertanggung jawab. Mereka mendesak Mahfud mundur dari jabatannya jika tak sanggup memulangkan Rizieq. 
"Memperingatkan bahwa Mahfud MD ini tidak becus, kalau enggak becus lengser saja," katanya. 

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa menyampaikan lima tuntutan yakni laksanakan amanat UUD 1945 sebagaimana disebut dalam Pasal 28D ayat 1 dan Pasal 28E ayat 1, meminta pemerintah meminta maaf kepada umat Islam karena gagal melindungi ulama, menuntut pemecatan Dubes RI untuk Arab Saudi, menghentikan upaya pencegahan pada Rizieq, dan meminta negara menjamin keselamatan dan keamanan kepulangan Rizieq.
[Gambas:Video CNN]
Aksi demo ini sempat memanas ketika massa mahasiswa memaksa masuk. Namun aparat kepolisian yang berjaga berusaha keras menahan. Alhasil para mahasiswa pun gagal dan berjalan mundur. 


Sementara sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat di depan kantor Kemenkopolhukam terpantau masih lancar. Tak ada penutupan jalan meski sebagian jalan tertutup massa.

Isu kepulangan Rizieq kembali mengemuka jelang Reuni Akbar 212 di Monas pada 2 Desember mendatang. Rizieq beberapa kali dikabarkan bakal pulang setelah pergi ke Arab Saudi pada 2017 lalu karena tersangkut sejumlah kasus.

Beberapa kasus yang menjeratnya sudah dihentikan. Namun masih ada laporan ke polisi terkait Rizieq.

(psp/sur)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/35FHWBm
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Massa Demo Kantor Mahfud MD Tuntut Pemulangan Rizieq"

Post a Comment

Powered by Blogger.