Search

NasDem Imbau Ahok Patuhi Erick Thohir untuk Mundur dari PDIP

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP NasDem, Irma Suryani Chaniago Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mundur dari keanggotaan di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Irma menyebut instruksi yang disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir agar komisaris BUMN tak terafiliasi politik, punya tujuan baik.

"Memang sebaiknya demikian (mundur dari PDIP)," kata Irma kepada CNNIndonesia.com, melalui aplikasi pesan singkat, Sabtu (23/11).

Irma menegaskan, permintaan Erick Thohir itu dianggap tak lebih agar kepemimpinan Ahok di Pertamina tak rentan konflik kepentingan.


"(Permintaan) itu baik untuk dipatuhi," kata Irma menegaskan.
NasDem Imbau Ahok Patuhi Erick Thohir untuk Mundur dari PDIPIrma Suryani Chaniago. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

NasDem, kata dia, menilai tak ada yang mesti dipersoalkan soal penunjukan Ahok. Irma menilai mantan bupati Belitung Timur itu secara profesional tak ada masalah. Ahok juga dinilai profesional dalam hal akuntabilitas.

"Komisaris kan bukan bicara teknis, tapi bicara tentang strategi manajemen. Tentu tidak ada masalah menurut saya," kata Irma.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan para sosok yang menjadi komisaris di perusahaan pelat merah harus mundur dari keanggotaan di partai politik.

"Semua komisaris di BUMN apalagi direksi harus mundur dari partai," ujar Erick saat dimintai keterangan perihal nasib Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di partai usai ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Jumat (22/11).

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kembali menegaskan Ahok tak harus mundur dari dari PDIP meski telah resmi diangkat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.

Hasto mengatakan dalam Undang-undang BUMN, jabatan komisaris tak mengharuskan kader parpol mundur.

"Kalau posisinya adalah sebagai komisaris, berdasarkan ketentuan undang-undang BUMN, Pak Ahok tidak masuk di dalam kategori sebagai pimpinan dewan pimpinan partai. Dengan demikian tidak harus mengundurkan diri berdasarkan ketentuan undang-undang," kata Hasto di Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11).

Erick diketahui resmi menunjuk Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina. Erick menyatakan Ahok bakal didampingi Wakil Menteri BUMN Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina.

(ain)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2OdNNIn
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NasDem Imbau Ahok Patuhi Erick Thohir untuk Mundur dari PDIP"

Post a Comment

Powered by Blogger.