Search

241 Hektare Lahan di Bandung Terbakar, Termasuk Kawah Putih

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan luas kebakaran lahan yang melanda wilayah Kabupaten Bandung mencapai 241 hektare. Akibatnya sejumlah pohon hangus terbakar seperti Cantigi, Pakis Andam, dan Alang-alang.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jabar menyebut kebakaran lahan itu terjadi di sejumlah wilayah, di antaranya kawasan wisata Kawah Putih, wilayah Desa Sugihmukti, dan Kecamatan Pasirjambu.

"Untuk dampak kebakaran di Kawah Putih Ciwidey, lahan terbakar sekitar 15 hektare," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu melalui keterangan tertulis, Selasa (8/10).


Untuk kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi pada Senin (7/10) pukul 14.00 WIB. Budi mengatakan, BPBD Jabar telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk mengecek kondisi pascakebakaran.
Pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Kapolres Bandung, Dandim 0609, BPBD Kabupaten Bandung, Perhutani, Damkar, pengelola wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, serta relawan pegiat kebencanaan.

Penanganan awal yang dilakukan, kata dia, adalah membuat parit dan penyiraman oleh unit pemadam dari Dinas Kebakaran supaya api tidak meluas.

"Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi ini. Sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala," kata Budi.

[Gambas:Video CNN]

Selain di Kawah Putih, kebakaran juga terjadi di Desa Pasir Huni, Kecamatan Cimaung. Luasan lahan terbakar mencapai 26 hektare. Sementara di Desa Mangun Jaya, Gunung Sangar, luas lahan yang terbakar sekitar 100 hektare.

Wilayah lainnya yaitu di Puncak Besar Pacet, Kecamatan Pangalengan, luas yang terbakar kurang lebih 100 hektare. Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Gunung Malabar, Desa Mekarmaju, Kecamatan Arjasari.

Akibat kebakaran lahan tersebut sejumlah tanaman dan pohon seperti pohon pinus, pohon rancamala, pohon manglid, pohon alpukat, alang-alang, dan lainnya hangus terbakar.

Kebakaran lahan di Kabupaten Bandung diketahui telah terjadi sejak Sabtu (5/10). Sejumlah upaya untuk memadamkan api dilakukan di antaranya dengan menerjunkan 84 petugas dari berbagai instansi.

(hyg/ain)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/30WX3ne
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "241 Hektare Lahan di Bandung Terbakar, Termasuk Kawah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.