Search

Posisi Makam Gus Sholah Tak di Samping Gus Dur

Jakarta, CNN Indonesia -- Jenazah KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), telah diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan, menuju Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Sebuah liang telah disiapkan di area pemakaman Tebuireng. Di area tersebut juga juga telah dimakamkan mendiang ayahanda Gus Sholah, KH. Wahid Hasyim dan kakaknya KH. Abdurrahman Wahid, Gus Dur.

Namun, nantinya, makam Gus Sholah tak berada persis di samping makam Gus Dur, yang merupakan Presiden RI Ke-4 tersebut. Makam keduanya terhalang satu makam lain.


"Nanti dimakamkan di utaranya abahnya Gus Sholah, Abah Wahid Hasyim dan sebelah baratnya Gus Dur," kata KH Slamet Habib, Wakil Ketua Yayasan PP Tebuireng, Senin (3/2).
Letak makam tersebut merupakan permintaan Gus Sholah sebelum meninggal. Slamet mengatakan, Gus Sholah berwasiat ketika meninggal nanti, ia meminta makamnya di letakkan di samping keluarganya.

"Gus Sholah pesan dulu di situ akhirnya keluarga juga sepakat," ujarnya.

Prosesi pemakaman Gus Sholah sendiri, akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan sejumlah tokoh lainnya.

"Insya Allah yang hadir nanti Bu Khofifah, Pak Mahfud juga Insya Allah. Kalau pak presiden dengan wakilnya sudah di Jakarta," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Rencananya, jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Diperkirakan jenazah akan tiba di PP Tebuireng sekitar pukul 14.00 WIB.

Gus Sholah merupakan salah satu ulama dengan nama besar, sekaligus cucu pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Ia lahir di Jombang pada 11 September 1942.

(frd/ugo)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Sg6Ja2
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Posisi Makam Gus Sholah Tak di Samping Gus Dur"

Post a Comment

Powered by Blogger.