Search

Beredar Foto Pesawat Kepresidenan Baru, Istana Bantah Isu

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sekretaris Negara Pratikno membantah pihak Istana membeli pesawat kepresidenan baru. Informasi pembelian pesawat baru dengan tipe Boeing 777-300 ER ini sebelumnya beredar di media sosial.

"Tidak ada," ujar Pratikno singkat saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2).

Pratikno juga membantah kabar yang menyebutkan Istana menyewa pesawat itu dari Garuda Indonesia. Ia menegaskan bahwa saat ini pihak Istana tak ada rencana bepergian jauh sehingga belum membutuhkan pesawat baru.

"Tidak ada. Kita belum ada rencana pergi kok. Nanti kalau sudah pergi, nah itu," katanya.

Namun Pratikno enggan berkomentar lebih lanjut.
Beredar Foto Pesawat Kepresidenan Baru, Istana Bantah IsuMenteri Sekretaris Negara Pratikno. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)

Kabar pembelian pesawat itu sebelumnya beredar di media sosial. Dalam foto yang beredar, terlihat sebuah pesawat tipe Boeing 777-300 ER yang dicat garis merah dengan tulisan 'Republik Indonesia' dan lambang burung garuda.

Salah satu kabar mengenai pesawat ini turut dicuitkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo melalui akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2.

Dalam kicauannya, Roy mengatakan pesawat itu berbeda dengan pesawat kepresidenan yang lama Boeing Business Jet (BBJ) tipe 737-800. Ia juga mengunggah tangkapan layar (screenshot) berita yang menyebut Presiden Joko Widodo memanfaatkan Boeing 777 milik Garuda yang 'nganggur'.

Namun, menurut Roy, pesawat itu tak menganggur karena dalam penerbangan terakhir masih digunakan untuk melayani rute Narita-Denpasar pada 17 Februari lalu.

"Tweeps, Ini "Indonesia One RI-001" Boeing 777-300ER diCat Baru. Beda dgn B737-300BBJ2 yg lama, Pesawat Badan Lebar ini seharga US$286.5 juta ex Garuda PK-GIG yg last-tripnya 17/02 as GA-881 NRT-DPS (jadi tdk "nganggur" spt berita). Jarak terjauh bisa 14.690km. Selamat Pak @jokowi"

[Gambas:Video CNN]
Dalam cuitan selanjutnya, Roy menjelaskan bahwa pesawat itu berkapasitas 550 orang lebih banyak dibandingkan pesawat kepresidenan lama yang hanya 185 orang. Pesawat itu juga disebut Roy mampu menempuh perjalanan jauh dari Jakarta-San Francisco.

"Tambah Pesawat Kepresidenan, disyukuri saja. Pesawat modern B777-300ER ini kebanggaan Garuda terbaru yg bisa max 550 orang (kalau B737 hanya 185 orang) & Mampu Jakarta-San Fransisco. Hanya saja kalau disebut "nganggur", tidak. PK-GIG ini aktif terbang, Ada Jejak Digitalnya."


(psp/gil)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2PyiLLx
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beredar Foto Pesawat Kepresidenan Baru, Istana Bantah Isu"

Post a Comment

Powered by Blogger.