Search

Jakarta Banjir, Anies Baswedan Batalkan Semua Rapat Pemprov

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan semua jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan untuk menangani banjir pada Selasa (25/2). Anies membatalkan semua agenda rapat agar jajarannya fokus menangani daerah terdampak banjir.

"Konsentrasi kami penanganan banjir di masyarakat. Semua kegiatan rapat batal, semua ke lapangan," kata Anies saat memantau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, seperti disiarkan CNN Indonesia TV.


Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem masih akan melanda Jakarta. Karena itu, Anies memfokuskan kegiatan hari ini pada penanganan banjir.
Anies mengklaim sejak dini hari, jajaran Pemprov DKI turun ke lapangan untuk membantu evakuasi daerah terdampak banjir. Selain itu, dinas terkait juga dikerahkan untuk membangun pos pengungsian dan kesehatan serta memasok kebutuhan pokok masyarakat.

Dia meminta warga terdampak banjir yang membutuhkan bantuan agar menghubungi ke nomor 112 atau mendatangi kantor kelurahan terdekat.


Anies telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk turun tangan membantu penanganan banjir. Dalam sebuah pesan yang ditujukan ke seluruh jajaran Pemprov DKI, Anies menuliskan sembilan poin.

Pertama, Pemprov diminta menyiapkan evakuasi warga terdampak dan memastikan tempat pengungsian. Kantor-kantor milik Pemprov juga disiapkan sebagai tempat pengungsian.

Kedua, jajaran Pemprov diminta menyiapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.

Ketiga, jajaran Pemprov diminta memastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan, dari bahaya listrik, pohon tumbang.

Banjir Jakarta, Anies Batalkan Semua RapatBanjir di kawasan Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Keempat, bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.

Kelima, jajaran Pemprov diminta memastikan warga dan publik mendapat informasi terbaru yang valid secara terus-menerus.

Keenam, jajaran Pemprov diminta tidak mengunggah foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya. Grup digunakan hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.

Ketujuh, khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dng walikota/wilayah terdampak.

Kedelapan, Wali Kota diminta memimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya, mengarahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.

Kesembilan, seperti biasa, jajaran Pemprov diminta tetap memastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga. 

Jakarta Terendam Banjir, Anies Baswedan Batalkan Semua RapatBanjir menggenangi Gg Hj Husin, Mampang Prapatan, Jakarta, Selasa 25 Februari 2020. (Indonesia/Melani Putri)
Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah titik di Ibu Kota terendam banjir. Ratusan rumah di Tebet dan Pancoran, Jakarta Selatan, ikut terendam banjir. Ketinggian air yang merendam rumah warga berkisar 0,5-2,5 meter. Sebanyak 115 orang warga mengungsi karena rumah mereka terendam.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, banjir itu terjadi di RT 01 RW 04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, dan RT 08 RW 01 Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Ketua RT 01 RW 04, Kelurahan Manggarai, Ramlan mengatakan ketinggian air sudah mulai naik sejak pukul Selasa (25/2) pukul 01.00 WIB. Warga pun mulai mengevakuasi barang-barang ke tempat yang aman.

"Di RT sini 130-an rumah yang terendam banjir. Ini cukup tinggi, yang bagian depan itu paling 0,5 meter. Yang bagian belakang dekat sungai, itu sampai 2,5 meter. Kayak [banjir] tahun baru kemarin," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/2).


[Gambas:Video CNN] (pmg)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/391efNm
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jakarta Banjir, Anies Baswedan Batalkan Semua Rapat Pemprov"

Post a Comment

Powered by Blogger.