Search

Massa Buruh di Gedung DPR Minta Bertemu Puan Maharani

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan peserta unjuk rasa dari massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mulai memadati simpang jalan Gatot Subroto (Gatsu)-Jalan Pemuda, Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut laporan Antara, dua mobil komando milik serikat pekerja juga terlihat yang kemudian dijadikan panggung bagi demonstran untuk berorasi.

Puluhan bus yang mengangkut para pekerja mulai tiba dan parkir di area Senayan. Ada sekitar lima sampai enam bus pariwisata pengangkut para buruh yang melintas di Jalan Gatot Subroto kemudian berbelok ke arah Jalan Pemuda.

Di atas mobil komando, orator dari FSPMI menyatakan tuntutan para buruh meminta anggota dewan, khususnya Ketua DPR yang baru dilantik, Puan Maharani, untuk membatalkan rancangan undang-undang untuk revisi UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Kami ingin menemui Ibu Puan, ingin menyampaikan tuntutan di depan gedung DPR/MPR RI, Pak Polisi, tolong dibukakan jalannya. Kami tidak akan anarkis," kata massa buruh ke pihak kepolisian yang menutup akses menuju depan gedung DPR/MPR RI tepat depan Restoran Pulo Dua.


Sebelumnya, massa buruh mengklaim akan mengerahkan sekitar 50.000 buruh untuk berunjuk rasa menolak revisi Undang-Undang ketenagakerjaan No.13/2003 yang dianggap merugikan kaum buruh.

Massa aksi yang diklaim dari 10 provinsi tersebut, berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, Banda Aceh, Bengkulu, Makassar, Manado, Gorontalo, Banjarmasin, dan Ambon.

Massa buruh tersebut akan menyampaikan tiga tuntutan utama. Ketiga tuntutan tersebut di antaranya adalah menolak revisi UU ketenagakerjaan No.13/2003 yang dianggap merugikan buruh, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan khususnya kelas 3 dan meminta revisi PP No.78/2015 tentang pengupahan seperti yang dijanjikan Presiden Joko Widodo.


Massa buruh akan fokus berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI dan akan dilakukan secara damai.

Sebelumnya presiden KSPI Said Iqbal telah bertemu dengan Jokowi  sebagai bagian dari upaya menyampaikan gagasan mengenai upaya pemenuhan hak buruh dan peningkatan kesejahteraan pekerja kepada pemerintah.

Namun, ia melanjutkan, upaya memperjuangkan pemenuhan hak buruh tidak cukup melalui lobi. Oleh karena itu, serikat pekerja akan tetap melakukan demonstrasi untuk menyampaikan aspirasi pada 2 Oktober.

[Gambas:Video CNN] (antara/DAL)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2mLLbXe
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Massa Buruh di Gedung DPR Minta Bertemu Puan Maharani"

Post a Comment

Powered by Blogger.