Search

Gus Sholah Meninggal, Lantunan Doa Menggema di Tebuireng

Jakarta, CNN Indonesia -- Lantunan doa dan ayat-ayat suci Al-quran terus bersahutan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, menyusul kabar duka meninggalnya sang kiai, KH. Sholahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah.

Pantauan CNNIndonesia.com, Senin (3/2) para santri dan petakziah terus berdatangan ke lokasi. Ibu, bapak, anak muda, bahkan anak kecil memadati area masjid dan pelataran pemakaman. Mulut mereka tak berhenti merapalkan ayat-ayat.

Seorang warga, Usman Ali (65) mengaku ia sengaja datang untuk menghadiri proses pemakaman Gus Sholah. Dari Mojokerto ia bahkan datang menaiki sepeda kayuhnya menuju Tebuireng. 


"Saya naik sepeda dari rumah saya di Mojokerto, sengaja untuk mendoakan Gus Sholah dari dekat," kata Usman, kepada CNNIndonesia.com
Usman merupakan salah satu alumnus pondok pesantren yang didirikan Hadrotusyekh KH Hasyim Asyari. Dulu ia pernah menimba ilmu di sini pada 70-80 an. 

Ia juga mengaku sebagai simpatisan kakak Gus Sholah, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang juga merupakan Presiden RI Ke-4. Itulah alasan dia merasa sangat dekat dengan keluarga pengasuh Tebuireng.

"Ini penghormatan untuk keluarga Gus Dur, karena saya simpatisan beliau, saya pernah dipimpin beliau. Sekarang saya datang untuk Gus Sholah," kata dia.

Usman bercerita, dirinya begitu terkejut saat kali pertama mendengar kabar meninggalnya Gus Sholah, Minggu (2/2) malam tadi, melalui berita di televisi. 

"Saya nyalakan TV pukul 21.00 WI malam, ternyata kabar Gus Sholah. Saya kaget, saya langsung mau kesini (Tebuireng), ternyata beliau masih di Jakarta," kata dia. 

[Gambas:Video CNN]

Kini, Usman dan ratusan petakziah lain masih menunggu kedatangan jenazah Gus Sholah, yang sedang dalam perjalanan usai disemayamkan di rumah duka di Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan. 

Gus Sholah berpulang pada usia 77 tahun setelah mendapat perawatan karena sakit di RS Jantung Harapan Kita Jakarta.

(frd/ugo)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2S8I4Eu
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gus Sholah Meninggal, Lantunan Doa Menggema di Tebuireng"

Post a Comment

Powered by Blogger.