Search

Wabah Corona, Pemuka Agama Minta Umat Ibadah di Rumah

Jakarta, CNN Indonesia -- Para pemuka agama menegaskan kepada masing-masing umat beragama di Indonesia untuk beribadah di rumah masing-masing dalam keadaan darurat sebagai upaya menekan penyebaran pandemi virus corona SARS-COV-2 penyebab penyakit Covid-19

Mereka juga sepakat untuk menghimbau masyarakat agar semakin meningkatkan ibadah lebih dari hari biasanya. Seruan itu datang dari Pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha dalam konferensi pers di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disiarkan secara live streaming, Sabtu (28/3).

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh membuka konferensi pers dengan mengingatkan agar umat Islam lebih khusyuk beribadah di rumah.


"Memperbanyak munajat dan juga setiap kali ibadah sholat fardu diselingi doa kepada Allah dan penuh khusyuk," terang Asrorun. "Juga menambahkan rentang ibadah waktu dengan qunut. Qunut yang dibaca secara khusyuk karena ada wabah," tambahnya.

Ia juga kembali mengingatkan agar umat Islam mematuhi protokol kesehatan dalam beribadah. Asrorun merujuk pada Fatwa MUI yang sudah ditetapkan tanggal (16/3) lalu tentang pedoman pelaksanaan ibadah dalam wabah Covid-19.

Selanjutnya, Sekretaris Umum PGI Jacklevyn F Manuputty menyatakan penanggulangan pandemi covid-19 merupakan tanggung jawab bersama sebagai umat beragama. Ia menegaskan pihaknya telah mengeluarkan imbauan beribadah sesuai dengan protokol kesehatan melawan Covid-19.

"Sejak tanggal 13 maret PGI telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh anggota untuk menjaga jarak aman, dan beribadah di rumah masing-masing," terangnya.

Selain itu, Jack mengingatkan wabah Covid-19 tetap memberi hikmah untuk kian mendekatkan hubungan antar keluarga.

"Ini saatnya kita mengumpulkan seluruh anggota keluarga kita membangun keintiman dan spiritualitas di dalam keluarga masing-masing yang terarah," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku telah memberikan edukasi social distancing saat beribadah bagi umat Kristen.

"Perayaan Paskah, Kamis Putih, Jumat Agung, PGI telah memberikan imbauan juga panduan teknis beribadah di rumah," jelas Jack.

Selain itu, imbauan serupa datang dari Sekretaris Persatuan Umat Buddha Indonesia Winarso. Winarso mengaku pihaknya telah memberlakukan larangan untuk beribadah di Wihara sejak Maret.

[Gambas:Video CNN]

"Menghentikan ibadah di Wihara dan perkumpulan di berbagai tempat," kata Winarso.

Winarso menyatakan dukungan atas imbauan pemerintah tentang social distancing demi menekan persebaran virus corona. Ia menegaskan kepada umat beragama Buddha untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak sejauh dua meter.

"Kita juga rekomendasikan agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan di tempat ibadah, dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan teknologi," terangnya.

Menurut Winarso, ditengah bencana non-alam seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk introspeksi diri dan menguatkan ikatan setiap anggota keluarga. Ia juga berpesan kepada umat agamanya untuk mematuhi aturan sesuai dengan ajaran di kitab suci Buddha.


"Kalau kita dari umat Buddha salah satu yang dikatakan di kitab suci, 'melindungi diri sendiri sama dengan melindungi orang lain, melindungi orang lain sama dengan melindungi diri sendiri', seperti itu," tutur Winarso.

Sementara itu, imbauan dari pemuka agama Katolik, disampaikan oleh DRR Caritas Indonesia (KWI) Rudy Raka. Rudy mengingatkan kepada umat Katolik di Indonesia untuk bersolidaritas memerangi pandemi covid-19. Ia menyerukan kepada umat Katolik untuk meningkatkan ibadah masing-masing yang dilakukan di rumah.

"Kita harus semakin tekun dalam doa, di masa puasa ini kita berdoa supaya kita semua lepas dari wabah ini," kata Rudy.

Rudy menyebut para pimpinan Gereja (Uskup) telah mengeluarkan imbauan beribadah yang terkait dengan upaya pemerintah menanggulangi Covid-19.

Umat diminta untuk melakukan ibadah lewat siaran streaming online di rumah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

"Seluruh umat di harapan mengikuti perayaan gereja yang dirayakan para uskup dan imam tanpa hadir bersama, silahkan mengikuti lewat live streaming atau media komunikasi digital," terang Rudy.

Terakhir, imbauan disampaikan oleh Ketua Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Umat PHDI Pusat Nyoman Suarthanu. Mewakili pemuka agama Hindu, Nyoman menyerukan untuk umat beragama saling mematuhi apa yang telah diupayakan Pemerintah Pusat, khususnya dalam protokol peribadatan.

"Hal penting dilakukan bahwa surat edaran awal Maret untuk menghimbau umat Hindu Indonesia untuk mengajak umatnya melakukan kegiatan-kegiatan menghindari bencana ini," kata Nyoman.

Nyoman meminta kepada seluruh umat beragama untuk menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan air mengalir, tidak menyentuh area wajah. Ia juga meminta umat Hindhu untuk tidak melakukan ibadah dalam kerumunan.


"Melarang persembahyangan bersama, kemudian melakukan ritual yang penting saja. Melakukan kegiatan perilaku hidup sehat, dalam rangka mencegah secara bersama-sama," paparnya.

Ia menghimbau kepada umat Hindhu untuk lebih meningkatkan keimanan dengan sembahyang dan meditasi di rumah. Selain itu, Nyoman menyerukan kepada semua warga Indonesia untuk tetap produktif meski bekerja dari rumah.

Pandemi virus corona terus memakan korban di Indonesia. Dalam data per Jumat (27/3), tercatat 1046 orang terjangkit corona. Dari angka tersebut 87 orang meninggal dunia dan 46 orang dinyatakan sembuh. (eks)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/39lVq6R
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wabah Corona, Pemuka Agama Minta Umat Ibadah di Rumah"

Post a Comment

Powered by Blogger.