Search

Pemkot Bandung Matangkan Persiapan Karantina Wilayah Terbatas

Bandung, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mematangkan kemungkinan memberlakukan karantina wilayah terbatas untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah tetangga terkait kemungkinan itu.

"Untuk antar wilayah, Kota Bandung sudah berdiskusi dengan Cimahi, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kami berdiskusi dengan kepala daerah yang lain. Kita sedang melihat situasi perkembangan seperti apa," tutur Oded, Senin (30/3).


Menurut Oded, koordinasi perlu dilakukan karena wilayah Kota Bandung berbatasan sangat dekat dengan tiga daerah lain yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Pemkot Bandung sudah berdiskusi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) tentang wilayah karantina terbatas. Kita akan kaji dulu dari mulai sebaran wilayah yang terpapar, dan untuk waktunya belum ditentukan," ungkap Oded.


Saat ini, lanjut Oded, Pemkot Bandung terus berkomunikasi dan meminta kepada para pakar atau ahli untuk mengakaji dulu mana saja wilayah yang harus di karantina.

"Sebelum ada keputusan tentang karantina, kami meminta warga untuk tetap melaksanakan social distancing dan physical distancing. Termasuk meminta warga untuk tidak keluar kota dan mudik," ujarnya.


Melalui tokoh masyarakat, Oded juga meminta RT dan RW agar warga diimbau mengkarantina diri dan berdiam diri di rumah guna meminimalisir paparan virus corona.

"Yang ingin mudik ke Kota Bandung, bersabar di tempatnya masing-masing. Begitu pula yang dari Kota Bandung yang ingin mudik keluar Bandung. Lebih baik mengkarantina dan mengisolasi diri di tempat masing masing," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(hyg/osc)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2QX31Cv
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkot Bandung Matangkan Persiapan Karantina Wilayah Terbatas"

Post a Comment

Powered by Blogger.