Search

Cerita Gus Mus Pakai Sandal Masuk Istana Temui Gus Dur

Jakarta, CNN Indonesia -- Ulama Kiai Haji (KH) Mustofa Bisri atau Gus Mus banyak melemparkan cerita-cerita jenaka soal KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam acara satu dekade Haul. Termasuk saat Gus Dur menjadi Presiden ke-4 Indonesia.

Sahabat karib Gus Dur itu bercerita bahwa tokoh ulama yang dekat dengan Gus Dur menjadi kalangan yang pertama diundang ke Istana, termasuk dirinya.

"Waktu Gus Dur jadi Presiden, pertama kali rombongan kiainya dibolehkan masuk ke Istana," kenangnya dalam peringatan satu dekade Haul Gusdur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12) malam


Dari semua rombongan, hanya Gus Mus yang tidak mengenakan sepatu. Gus Mus lalu ditanya oleh petugas Istana, mengapa tak mengenakan sepatu.
"Petugas yang jaga tanya, 'Pakai sendal, Pak?' (Saya jawab) Ya presidenmu ya, dulu sendalan terus," Gus Mus mengenang, Sabtu (28/12). Cerita Gus Mus sontak diikuti tawa jemaat.

Menurut Gus Mus, semua kiai tamu undangan saat itu mengucapkan selamat kepada Gus Dur, termasuk Kyai Sahal Mahfud. Hanya Gus Mus yang mengucapkan bela sungkawa.

"Saya sendiri yang bilang bela sungkawa. Wong kiai apik-apik kok, jadi Presiden. Iku jabatan ngerusak wong. (Sudah bagus jadi kiai kok malah jadi Presiden. Jabatan itu merusak orang)," ungkapnya.

Saat tausiah, Gus Mus juga sempat bercerita tentang Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD yang duduk di belakangnya. Gus Mus menyebut Mahfud adalah seorang kiai. Hanya saja, titel itu tak terlihat karena jabatan Mahfud sebagai pejabat negara.


"Ini (Mahfud) kiai tapi ketutupan. Ketutupan pangkat. Kiai loh, dilecehkan di sosial media. Saya mengikuti itu. Dibully. Enggak ngerti dalil? Enggak ngerti dalil gimana? Wong ini kiai Maduro," candaan Gus Mus itu dibalas senyum oleh Mahfud.

"Memang kayaknya hilang. Saya sendiri sudah enggak ngelihat lagi kalau Pak Mahfud ini kiai," kata Gus Mus, yang sontak dibalas gelak tawa riuh jemaat yang memadati area Haul.

Satu dekade Gus Dur dihadiri sejumlah tamu undangan dari berbagai kalangan, mulai dari ulama, tokoh lintas agama, politisi, pejabat menteri, hingga artis.


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, beberapa tokoh yang hadir antara lain Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, mantan menteri agama Lukman Hakim Saefudin, politisi senior Akbar Tanjung, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, hingga penyanyi Yuni Shara. (thr/lav)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2SzvG2f
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Gus Mus Pakai Sandal Masuk Istana Temui Gus Dur"

Post a Comment

Powered by Blogger.