Search

Ahmad Riza Patria Siap Mundur dari DPR Jika Jadi Wagub Anies

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan siap mundur sebagai anggota DPR jika ditunjuk sebagai calon wakil gubernur DKI mendampingi Anies Baswedan. Riza saat ini diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

"Sesuai aturan, tidak ada pilihan. Siapa pun yang maju harus mundur. Termasuk saya kalau dicalonkan, konsekuensinya harus siap dan dibuktikan," ujar Riza di Wisma Garuda, Cipayung, Jakarta, Minggu (29/12).


Riza mengatakan, sesuai ketentuan undang-undang, anggota DPR, TNI/Polri, PNS harus mundur jika menjadi cagub atau cawagub.

Sesuai UU Pemilu, seorang calon harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPR, TNI/Polri, maupun PNS. Aturan itu juga diperkuat dalam draf tata tertib pemilihan wagub DKI.


"Menurut UU memang harus harus mengundurkan diri. Itu aturan yang ada dan dikuatkan MK," katanya.
Riza mengaku siap jika nantinya memang dia yang ditunjuk sebagai cawagub DKI. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga disebut telah memerintahkan langsung. Menurutnya, kesanggupan ini adalah bentuk loyalitas terhadap kebijakan partai.

"Saya harus siap apa pun yang diperintahkan pimpinan. Apalagi Pak Prabowo yang memerintahkan. Sebagai kader partai yang baik, sebagai prajurit harus taat," tuturnya.

Sebelumnya, ada empat nama yang disebut bakal mewakili Gerindra sebagai cawagub DKI yakni Ferry J. Juliantono, Arnes Lukman, Sekda DKI Saefullah, termasuk Riza.
[Gambas:Video CNN]


Kursi wagub DKI diketahui masih kosong usai Sandiaga Uno memutuskan mundur dari posisi tersebut pada Agustus 2018. Sandi melepaskan jabatan wagub DKI untuk maju Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. (psp/gil)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2F0452h
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ahmad Riza Patria Siap Mundur dari DPR Jika Jadi Wagub Anies"

Post a Comment

Powered by Blogger.