"Tapi saya melihat, kelihatannya memang ada pelebaran di sisi plaza itu, Selatan, Utara, Barat, Timur," kata Deddy saat dihubungi, Kamis (30/1)
Deddy menjelaskan ada tiga unsur poin dalam mendesain revitalisasi Monas. Pertama, konservasi awal. Arsitek yang merancang ini menerjemahkan konsep konservasi alam dengan mendekatkan manusia kepada Monas itu sendiri.
"Kalau sekarang kan kebanyakan orang tahu Monas di dalam pagar ya. Nah di proposal kita, orang makin bisa mendekat ke ring yang lebih dalam untuk bisa lebih dekat," ujar Deddy.
Di dalamnya akan ada perubahan aspal yang menunjukkan titik lokasi kawasan Medan Merdeka. Kemudian, arsitek juga mengusulkan ada pembukaan pagar. Diharapkan nantinya masyarakat bisa bebas masuk, terutama setelah ada penggunaan MRT.
"Pagar waktu itu kita usulkan untuk dibuka. Jadi nanti ada orang bisa lebih leluasa masuk ke dalam. Perindahan moda yang melewati crossing ke Taman Medan Merdeka dari Stasiun MRT Monas ke Gambir kita rancang bukan di ring luar sekarang tapi di dalam jadi lebih pendek perjalanan kakinya," jelas dia.
Sejumlah aktivis menggelar aksi damai "Menuntut pengembalian pohon-pohon yang ditebang saat revitalisasi Monas" di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis, 30 Januari 2020. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
|
Termasuk di dalamnya nanti adalah pemindahan Lenggang Jakarta ke Gambir. Lenggang Jakarta saat ini dibangun di tengah-tengah ruang terbuka hijau sehingga perlu dipindahkan.
"Itu semua kebijakan kami dalam desain itu, adalah membangun yang baru di atas kekerasan yang sudah ada," ujarnya.
Terkait pembongkaran lapangan parkir IRTI Monas, Deddy mengatakan pihaknya memang merencanakan hal tersebut. Dia mengklaim IRTI dibongkar agar masyarakat nantinya menggunakan transportasi umum, seiring dengan pembangunan fase II MRT di Monas. Sementara lapangan parkir IRTI akan digantikan pepohonan sebagai penambahan RTH.
"Tren ini akan mengarahkan bahwa semua kunjungan ke Monas itu akan transportasi publik apalagi ada MRT tahap kedua kemudian ada Gambir dan ada halte Transjakarta sebetulnya semua kunjungan ke Monas itu harus dengan transportasi publik memang nanti parkir akan di take out semua bekas lapangan parkirnya akan menjadi hutan," ujarnya.
Suasana pembangunan proyek revitalisasi Taman Monas, Jakarta, Rabu (22/1/2020). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
|
Deddy menekankan agar tidak ada penebangan pohon dalam desainnya. Kalaupun ada bangunan, maka hal itu dibangun di tengah-tengah pohon yang ada.
"Kalau kami di sana konsep konservasinya masih bisa kita perjuangkan. Kami selalu mengedepankan konservasi pohon itu dapat dipertahankan," ujarnya.
Namun dalam praktik di lapangan, Dedy menyatakan arsitek tidak diikutsertakan langsung. Ia pun tidak tahu menahu terkait rencana pembangunan yang dilakukan kontraktor.
"Sebetulnya sayangnya kita tidak terlibat dalam perkembangan desainnya kemudian keputusan di lapangan untuk presscon exciting. Cuman kan kemarin enggak tahu ya, mungkin timnya berbeda sehingga kontraktor melihat itu begitu saja, tutup mata, gitu, sehingga ya sayang aja. Kita menyayangkan," katanya.
Revitalisasi Monas menjadi polemik karena tidak dibarengi dengan surat izin dari Komisi Pengarah yang diketuai Sekretariat Negara. Proyek ini pun dihentikan hingga ada surat balasan dan rapat terkait revitalisasi Monas dengan pemerintah pusat.
[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)
from CNN Indonesia https://ift.tt/2vBzSVK
via IFTTT
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Konsep Revitalisasi Monas Versi Arsitek Pemenang Sayembara"
Post a Comment