Search

Alat Canggih Kanker Terendam Banjir, RSCM Siapkan Alat Lain

Jakarta, CNN Indonesia -- Alat terapi kanker tercanggih yang dimiliki Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Tomoterapi masih belum bisa digunakan akibat terendam banjir. Pasien Tomoterapi akan diberikan pelayanan dengan alat lain.

"Khusus untuk pelayanan Tomoterapi, dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain jika dimungkinkan. Namun bila tidak, akan dilakukan proses rujukan ke RS lain sesuai koordinasi RSCM," kata Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto melalui siaran pers, Senin (24/2).

Ananto mengatakan pengeringan alat-alat medis karena banjir sudah selesai dilakukan, termasuk terapi kanker, Tomoterapi.


Baru hari ini akan dicek atau uji fungsi bersama vendor terkait. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) juga akan dilakukan guna memastikan alat tersebut rusak atau masih berfungsi.

"Pelayanan pasien radiologi akan tetap berjalan seperti biasa dan akan dilakukan di unit yang lain seperti UGD, Kencana dan Kiara," ucap Ananto.

"Diharapkan alat tidak mengalami kendala dan pelayanan hanya akan terlambat dalam beberapa jam saja," lanjutnya.

Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada MInggu (23/4) sempat menggenangi sejumlah ruangan di RSCM. Termasuk ruangan tempat penyimpanan alat-alat medis.

Merujuk keterangan Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), alat medis radiologi yang terendam antara lain, Stationary X-ray Ceiling, Fluoroscopy, Mammpgraphy.

Kemudian, Stationary X-ray Floor, Mobile X-ray, Dua unit CT Scan, Satu unit Ultra Sound Accuson, Seluruh sistem PACS (Picture Archiving and Communication System), Satu unit MRI Siemens.

[Gambas:Video CNN]

Alat Tomoterapi juga turut terendam. Mengutip rscm.co.id, Tomoterapi merupakan alat terapi kanker dengan teknologi terbaru dan tercanggih milik RSCM. Mulai dioperasikan oleh RSCM sejak Desember 2016.


Keunggulan alat Tomoterapi ini memberikan terapi untuk pasien kanker dengan hanya menarget sel kanker di tempat tertentu tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya. Selain itu, alat ini juga dapat menarget berbagai wilayah tubuh dengan jangkauan yang lebih luas.

Proses terapi jadi lebih cepat dan tingkat akurasinya pun tinggi. Melansir Antara, hanya RSCM yang memiliki Tomoterapi. Hanya beberapa negara Asia Tenggara pula yang memilikinya, yaitu Singapura, Thailand, dan Filipina.

(bmw/sur)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Pk7HS5
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alat Canggih Kanker Terendam Banjir, RSCM Siapkan Alat Lain"

Post a Comment

Powered by Blogger.