Search

Longsor di Tanjakan Mala Tutupi Sebagian Jalan Raya Bandung

Jakarta, CNN Indonesia -- Material batu dan tanah akibat longsor tebing setinggi 12 meter menutupi sebagian Jalan Raya Bandung-Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu (12/1). Lokasi longsor tepatnya di Tanjakan Mala, Kecamatan Naringgul.

Menurut salah seorang penduduk, warga tidak melihat tanda-tanda atau mendengar suara gemuruh yang biasa terdengar sebelum longsor. Menjelang siang, baru diketahui sebagian badan jalan sudah tertutup longsoran tanah dan batu.

"Longsor terjadi menjelang siang, sehingga sebagian badan jalan utama tertutup tanah dan batu. Namun, arus kendaraan masih dapat melintas meskipun secara bergantian," kata Jai, Minggu (12/1).


Pemprov Jawa Barat sebenarnya sudah memperbaiki kawasan tersebut. Longsor kali ini pun tak sampai menutup seluruh badan jalan seperti yang terjadi pada 2019, namun jaring baja sepanjang 20 meter yang menutupi sebagian besar tebing sobek.
"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kendaraan yang melintas harus sabar mengantre karena petugas kepolisian dan TNI memberlakukan sistem buka tutup satu arah selama pembersihan material longsoran," kata Jai.

Kepala PPK PJN 2 Jabar Suparman mengatakan pihaknya segera mengirim tim ke lokasi untuk menyiapkan alat berat guna membersihkan material longsoran.

Ia menyatakan menurunkan setidaknya dua unit alat berat. Pembersihan juga dibantu oleh puluhan pegawai, relawan tanggap bencana, TNI/Polri, dan warga sekitar.

"Kendaraan masih bisa melintas meskipun secara bergantian, sehingga kendaraan roda dua dan empat tetap dapat melintas. Saat ini proses pembersihan material longsor masih berjalan dengan harapan menjelang sore arus sudah normal kembali," kata Suparman.

Ia mengimbau pengendara agar waspada dan berhati-hati melintasi Jalur Nasional Bandung-Naringgul-Cidaun, karena selalu ada sejumlah titik rawan bencana longsor setiap musim penghujan datang.

Suparman menegaskan, pihaknya melarang pengguna jalan berhenti di sepanjang tebing untuk berswafoto selama sementara waktu ini. Dikhawatirkan, terjadi longsor susulan.

"Kami mengimbau pengguna jalan bersama petugas dari Polsek Naringgul, untuk tidak berhenti di sepanjang tebing Tanjakan Mala karena rawan terjadi longsor susulan, meskipun tebing telah dipasangi jaring pengaman," ujar Suparman.

[Gambas:Video CNN] (rea)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/36HErvg
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Longsor di Tanjakan Mala Tutupi Sebagian Jalan Raya Bandung"

Post a Comment

Powered by Blogger.