Search

Pembebasan 118 Bidang Tanah untuk Ciliwung Ditargetkan April

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan tunggakan pembebasan lahan sebanyak 118 bidang tanah untuk pelebaran sepanjang Ciliwung selesai pada April 2020.

"Pembebasan lahan (tunggakan) sedang proses inventarisasi. Kalau memang surat-suratnya komplet, anggaran diketok, kami bayar. Targetnya sekitar Maret-April," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf, Senin (13/1) seperti dilansir Antara.

Sebanyak 118 bidang tanah tersebut, kata Juaini, berada di empat kelurahan.


"Iya 118 bidang. Masing-masing bidang ada beberapa meter. Kan dari Tanjung Barat sampai Pejaten Timur, empat kelurahan itu," ucap Juaini. Juaini menyebut pihaknya masih berkonsentrasi pada 118 bidang tanah tersebut, jika ada penambahan pembebasan lahan, akan dimasukkan dalam dokumen APBD Perubahan 2020.

"Nanti masuk di perubahan. Yang jelas yang ada kami manfaatkan dulu. Nanti yang kurang di perubahan kami ajukan," kata Juaini.

Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung pada 2020. Ada empat kelurahan yang disebut siap untuk dibayar oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Menurut Kementerian PUPR baru dinormalisasi 16 kilometer dari 33 kilometer, nah sisanya itu kita bebaskan bertahap. Rencana (tahun ini) ada 118 bidang di empat kelurahan. Yang jelas ada empat kelurahan, 118 bidang yang mau dibebaskan," ucap Juaini, Senin (6/1).

Kepgub untuk Sodetan Bidara Cina

Sementara itu, kemarin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur nomor 1744 tahun 2019.

Keputusan ini mengatur tentang Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

Di dalam keputusan itu tercantum bahwa tim pengadaan bertugas untuk melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan, melaksanakan pendataan awal lokasi rencana pembangunan dan melaksanakan Konsultasi Publik rencana pembangunan

Kemudian tim juga bertugas menyiapkan Penetapan Lokasi Pembangunan serta mengumumkan Penetapan Lokasi Pembangunan.

DKI Target April Bebaskan 118 Lahan untuk Pelebaran CiliwungPekerja mengoperasikan alat berat untuk melakukan pelebaran sungai di Jakarta pada 2017 silam. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan dan Tata Ruang DKI Jakarta Heru Hermawanto menyatakan bahwa tim ini dimaksudkan untuk sebagai inventarisasi tanah yang akan dibangun sodetan.

"Kita nanti hanya akan mengecek tanahnya, melakukan sosialisasi intinya inventarisir di lapangan itu dari kita," kata Heru kepada CNNIndonesia.com, Senin(13/1).

Kemudian nanti hasil inventarisasi itu akan diberikan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk ditindaklanjuti. Adapun penilaian harga tanah nanti dilakukan oleh Konsultan Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ditunjuk dari Pemprov.

"Nanti dananya akan keluar dari pusat untuk pembebasan lahan di bawah Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC)," katanya.

Sebelumnya Anies mengusung konsep naturalisasi sebagai bentuk pengendalian banjir Sungai Ciliwung. Namun belakangan Anies menyetujui konsep proyek normalisasi dan naturalisasi yang diusung pemerintah.

Adapun kawasan yang akan menjadi tempat sodetan ialah di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) Otista, Jakarta Timur sampai dengan kawasan Cipinang Besar Selatan. Adapun kebutuhan awal untuk pembangunan sodetan ini ialah sepanjang 18.097 meter persegi.

[Gambas:Video CNN]
Sejauh ini yang sudah dibebaskan ialah sepanjang 5.967 meter persegi. Sementara DKI akan membebaskan sepanjang 1.200 meter dan yang sudah disetujui warga ialah sepanjang 600 meter.

"Biasanya pembebasan lahan yang memang agak lama nanti prosesnya dan itu ditangani oleh BBWSCC nanti. Kalau kita inventarisir hanya sebulan dua bulan sudah kelar," tutup dia.

Anies diketahui sebelumnya mengusung konsep naturalisasi sebagai bentuk pengendalian banjir Sungai Ciliwung. Namun belakangan Anies menyetujui konsep proyek normalisasi dan naturalisasi yang diusung pemerintah.

(Antara, ctr/kid)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2tY8YGA
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembebasan 118 Bidang Tanah untuk Ciliwung Ditargetkan April"

Post a Comment

Powered by Blogger.