Search

Pengadegan Jaksel Masih Terendam Banjir Hingga 2 Meter

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah titik di Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, masih terendam banjir hingga Jumat (3/1) pagi. Ketinggian air yang menggenang rumah warga di tiga rukun tetangga (RT) tersebut hingga dua meter.

Lurah Pengadegan, Azhari mengatakan ketiga RT yang masih terendam banjir yaitu RT 005, RT 006, RT 007. Ketiga RT tersebut berada di RW 01.


"Sampai hari ini sudah ada penurunan yang sangat signifikan, karena lokasi genangan kita tinggal di tiga RT itu. Kalau kemarin itu sampai dengan 3 meter, saat ini sekitar 1-2 meter," kata Azhari kepada CNNIndonesia.com di Posko Logistik Pengadegan, Jumat (3/1).

Ia menjelaskan ketiga RT tersebut berada di lokasi geografis yang berbentuk cekungan, sehingga banjir sejak Rabu (1/1) masih menggenangi rumah warga.

"Upaya yang dilakukan adalah kita menyedot air secara maksimal dengan menggunakan dua mesin pompa. Menyedot air di cekungan untuk dialirkan ke Kali Ciliwung," ujar dia.

Pengadegan Jaksel Masih Terendam Banjir Hingga 2 MeterKawasan pemukiman padat penduduk di Pendagegan Timur IV, Jakarta Selatan, masih terendam banjir setinggi tiga meter. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Untuk jumlah pengungsi, ia mengatakan hingga Jumat (3/1) pagi berjumlah sekitar 1.600 orang. Pengungsi tersebut tersebar di tujuh titik lokasi pengungsian.
"Nanti seiring airnya surut, warga bisa pulang. Kalau sudah surut, kita juga akan ada gotong royong untuk pembersihan sedimentasi sisa banjir," ujar dia.

Warga Kelurahan Pengadegan mulai mengungsi sejak Rabu (1/1) sore, ketika air kiriman mulai datang. Saat itu warga dibantu petugas gabungan sudah berjaga melakukan proses evakuasi.

Pada Kamis (2/1), tercatat sebanyak 1.424 warga terdampak banjir di Kelurahan Pengadegan mengungsi di posko yang telah disiapkan di beberapa lokasi.

Mereka mengungsi di GOR Kecamatan Pancoran, SDN 03 Pengadegan, Madrasah Anassyatul Hikmiah, Kecamatan Pancoran, Rusun Pengadegan, Yayasan LIA, Studio PSI Pengadegan Timur Raya, serta di beberapa rumah warga yang tidak terdampak banjir.


[Gambas:Video CNN] (yoa/pmg)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/39zBsHb
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengadegan Jaksel Masih Terendam Banjir Hingga 2 Meter"

Post a Comment

Powered by Blogger.