Search

LSM Sebut Masker Tidak 100 Persen Efektif Cegah Virus Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peace Winds Japan (PWJ) menyebut penggunaan masker tidak 100 persen efektif mencegah penularan virus corona atau Covid-19, yang sedang mewabah dari Wuhan, Hubei, China.

"Masker biasa yang tersedia di pasaran tidak 100 persen efektif karena virus masih dapat masuk. Jika Anda mengenakan masker biasa, bagian luarnya masih dapat terpapar virus," ujar Deputy Director Program for Overseas Program PWJ Saito, mengutip Antara, Minggu (16/2).

Selain itu, ia melanjutkan pengguna harus tahu bagaimana cara mengenakan dan melepas masker dengan benar. "Jangan sentuh masker, tetapi copotlah masker melalui talinya. Jika sudah, langsung buang dan jangan menyentuh lembaran masker," katanya.


Di Jepang, sambung dia, pemerintah dan sejumlah lembaga nirlaba menerapkan beberapa cara untuk menanggulangi penyebaran virus corona. Misalnya, dengan melakukan sistem karantina yang ketat di perbatasan, bandara, dan pelabuhan, termasuk sosialisasi penggunaan masker yang benar. Dengan kondisi penyebaran wabah yang cepat, Saito turut mengajak sebanyak-banyaknya kolaborasi antarbangsa. "Ada banyak kasus di negara-negara lain, termasuk negara-negara Asia, beberapa orang yang mengenakan masker diserang," terang Saito.

Dalam kesempatan yang sama, Saito juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia maupun negara lainnya agar tetap bersikap tenang dan bertindak berdasarkan pengetahuan dari para spesialis.

Masyarakat tetap dapat menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa. Karena, meskipun virus corona merupakan virus baru dengan sistem yang berubah, akan tetapi tidak beracun.

[Gambas:Video CNN]

Sehingga, tidak akan menyebabkan kematian secara langsung begitu saja. Namun, yang sangat perlu diperhatikan adalah para lansia yang mungkin sudah mengalami sakit sebelumnya.

Bahkan, ia menilai masyarakat umum tidak diharuskan membeli masker, yang harus mereka lakukan hanya mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan serta jangan menyentuh area hidung atau wajah secara langsung ketika keluar rumah.

"Hal ini lebih penting dari menggunakan masker. Walaupun ini adalah wabah yang luar biasa tetapi masyarakat harus bersikap tenang, karena jika kita panik, maka semuanya akan menjadi lebih buruk," jelas Saito.

Sebagai salah satu mitra strategis yang berkolaborasi bersama Peace Winds Japan, Amir Firdaus dari tim Global Philanthropy Network (GPN) - ACT turut menyambut baik sinergi yang akan dilakukan. Hal itu sebagai bentuk kerja sama antarbangsa dalam menemukan solusi terbaik dalam penanggulangan virus Corona.

Amir juga mengapresiasi PWJ sebagai mitra strategis untuk memberikan bantuan ke China atau negara terdampak lainnya. "PWJ memberikan beberapa saran bermanfaat yang bisa kami kerjakan terkait penyebaran virus corona, seperti pengiriman bantuan ke negara-negara terdampak," katanya.

Ia mencontohkan alat-alat kesehatan serta edukasi masyarakat terkait kebersihan yang bisa dilaksanakan di dalam negeri. (Antara/bir)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/37Ai8Hn
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LSM Sebut Masker Tidak 100 Persen Efektif Cegah Virus Corona"

Post a Comment

Powered by Blogger.