Search

Menag Tunjuk Aloma Sarumaha Jadi Plt Dirjen Katolik

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menunjuk Aloma Sarumaha sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik. Penunjukkan dilakukan usai jabatan Plt Dirjen Bimas Katolik jadi polemik karena dijabat pejabat beragama Islam.

Dalam kesempatan yang sama, Fachrul juga menunjuk M Thambrin sebagai Plt Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag.

Aloma dan Thambrin resmi menduduki jabatan eselon satu di Kemenag itu sejak kemarin.


"Surat perintah sudah ditandatangani oleh Menag. Per hari ini, Plt Dirjen Bimas Katolik adalah Aloma Sarumaha, dan Plt Irjen adalah M Thambrin," kata Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Kholis Setiawan lewat keterangan tertulis, Selasa (11/2) malam.

Aloma juga menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Bimas Katolik. Sementara Thambirin memangku jabatan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag.

Keduanya hanya menjabat untuk sementara. Kemenag sedang menyiapkan lelang jabatan untuk dua jabatan ini beserta 18 jabatan Eselon II.


Fachrul telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kemenag lewat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 25 tahun 2020. Tim tersebut diketuai oleh Nur Kholis selaku Sekjen.

Dirjen Bimas Kristen yang juga menjabat Sekretaris Pansel Thomas Pentury menargetkan lelang jabatan rampung bulan depan. Kemenag masih menunggu rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memulai lelang.

[Gambas:Video CNN]

"Jika pertengahan Februari ini sudah bisa diumumkan pendaftarannya, diharapkan akhir Maret sudah ada tiga nama terbaik di setiap jabatan yang akan diajukan kepada Menteri Agama," kata Thomas.


Sebelumnya, posisi Plt. Dirjen Bimas Katolik yang dijabat orang beragama Islam jadi polemik.

Posisi Plt Dirjen Bimas Katolik dijabat Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin setelah Eusabius Binsas masuk masa pensiun pada 2019. Setelah Amin sakit beberapa bulan terakhir, posisi itu dijabat Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan.

Menag Fachrul Razi sempat mengakui kementeriannya kekurangan pejabat Eselon I yang beragama Katolik. Meski begitu ia berjanji membuka lelang jabatan guna mencari pejabat beragama Katolik.

"Sudah jelas dong, yang bukan agama Katolik enggak boleh ikut," ujar Fachrul saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/2).

(dhf/sur)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/38kvdpH
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menag Tunjuk Aloma Sarumaha Jadi Plt Dirjen Katolik"

Post a Comment

Powered by Blogger.