Search

Istiqlal Cegah Corona: Gulung Karpet hingga Steril Uang Infak

Jakarta, CNN Indonesia -- Masjid Istiqlal melakukan sejumlah upaya mencegah penyebaran Virus Corona di antara para jemaahnya, terutama terkait penyelenggaraan salat jumat.

Diketahui, virus ini bisa menular lewat kontak langsung sesama manusia ataupun lewat cairan tubuh yang menempel, langsung atau tidak, ke mulut, hidung, dan mata.

Salat Jumat, yang jadi arena berkumpul banyak manusia secara berdekatan, pun sempat tak digelar di sejumlah negara demi menghindari Virus Corona.


Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Menteri Agama Fachrul Razi menyebut beberapa usaha menghindarinya namun tetap menggelar jumatan. Pertama, menggulung karpet masjid. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan penggulungan karpet ini berkaca dari kasus penyebaran Corona yang menimpa jemaah di Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Kami menggulung karpet karena kasus yang terakhir menimpa jemaah yang ikut pengajian akbar di Malaysia, Brunei, penularannya oleh karpet. Saudi Arabia pun melakukan hal yang sama (menggulung karpet)," ujarnya.

Pengurus Masjid Istiqlal mensterilkan mikrofon yang digunakan oleh penceramah. Pengurus Istiqlal juga akan mensterilkan uang infaq dari jemaah. Pasalnya, uang sumbangan itu bisa saja berasal dari berbagai pihak yang kemungkinan memiliki virus tersebut.

[Gambas:Video CNN]
"Kami lebih mendetail yang kecil-kecil seperti mikrofon kami sterilkan, uang receh kan ada uang China, dolar, penularan melalui uang juga kami sterilkan," ucapnya.

Hari ini pengurus masjid menyemprotkan disinfektan atau cairan antiseptik di area masjid untuk membunuh kuman dan virus. Masjid juga menyediakan sabun atau cairan antiseptik di area wudu.

Masjid Istiqlal juga menyediakan alat pengukur suhu tubuh atau thermal scanner. Diketahui, salah satu gejala Covid-19 adalah suhu tubuh naik hingga di atas 38 derajat celcius.

"Nanti kami siapkan bisa melalui pintu-pintu masuk dites satu per satu. Mudah-mudahan jemaah lebih tenang melakukan ibadah," kata Menteri Agama Fachrul Razi.

Jemaah Istiqlal juga mengimbau jemaah agar tak salaman dan cium pipi kanan-kiri. Jemaah juga diminta jemaah mengambil wudu di bawah air yang mengalir.

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jemaah Jumatan membawa sajadah sendiri, dan rajin mencuci tangan demi menangkal Corona.

Cara Istiqlal Cegah Corona: Gulung Karpet Hingga Foto: CNN Indonesia/Fajrian
Kepada pihak masjid, ia meminta pengurus rajin untuk melakukan pembersihan masjid dan menyediakan sabun.

"Saya berpesan untuk mengingatkan agar proses pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan. Ini amat penting sekali. Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta," tutup dia.

Diketahui, di Indonesia sendiri sejauh ini ada 34 pasien positif Corona. Lima di antaranya sudah dinyatakan negatif virus ini, termasuk pasien pertama di Indonesia.

(psp/CTR/arh)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/39YS5eY
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Istiqlal Cegah Corona: Gulung Karpet hingga Steril Uang Infak"

Post a Comment

Powered by Blogger.