Search

Jokowi Minta BNPB Siapkan Skenario Hadapi Wabah Virus Corona

Bogor, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan skenario jika Virus Corona masuk ke Indonesia.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional BNPB dengan tema Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

"Saya perlu ingatkan bencana sekarang bukan bencana alam saja tapi juga non-alam. Kita lihat Virus Corona, ini bencana non-alam. Hati-hati, kita harus punya skenario kalau itu terjadi," ujar Jokowi.
Dia menuturkan skenario itu meliputi tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat menghadapi persebaran virus itu; mulai dari persiapan, lokasi, hingga tugas masing-masing kementerian/lembaga.

"Moga-moga enggak terjadi di negara kita. Kalau terjadi harus ada skenario apa, penyiapan apa, di mana, dikerjakan apa, step-step itu harus kita miliki. Karena kalau tidak kita akan tergagap-gagap," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sendiri mengapresiasi langkah jajarannya yang sigap saat proses evakuasi ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, pada Sabtu (1/2). Proses evakuasi itu dilakukan bersama tim gabungan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, hingga Polri.

Keputusan untuk mengevakuasi itu pun, menurut Jokowi, dilaksanakan dalam waktu yang begitu singkat dan cepat.

"Dalam posisi yang sangat cepat, evakuasi WNI kita di Wuhan dibawa kembali ke tanah air sangat cepat. Diputuskan cepat dan dilaksanakan cepat. Hal-hal seperti ini yang saya apresiasi," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut Virus Corona belum masuk ke Indonesia. Buktinya, kata dia, 34 orang yang diobservasi di Indonesia, hingga Minggu (2/2), dinyatakan negatif virus asal Wuhan, China, itu.

(psp/arh)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/382FB5q
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Minta BNPB Siapkan Skenario Hadapi Wabah Virus Corona"

Post a Comment

Powered by Blogger.