Search

Mulai Besok Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Transportasi Jakarta hanya akan beroperasi di 13 rute waktu operasional mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, mulai Senin (16/3) hingga 14 hari ke depan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menyatakan langkah ini diambil menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI Anies Baswedan perihal pembatasan layanan angkutan umum di DKI Jakarta secara ekstrem untuk mengurangi potensi penularan virus corona (covid-19).

"(Mulai) 16 hingga 30 Maret 2020 layanan Transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit. Ini berarti seluruh layanan non koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans ditiadakan," kata Nadia lewat keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (15/3).


Nadia membeberkan tujuan dan rute yang beroperasi selama 14 hari ke depan mulai besok adalah Blok M - Kota, Pulo Gadung 1 - Harmoni, Kalideres - Pasar Baru, Pulo Gadung 2 - Tosari, Kampung Melayu - Ancol, Ragunan - Halimun, serta Kampung Rambutan - Kampung Melayu.
Kemudian, Lebak Bulus - Harmoni, Pinang Ranti - Pluit, PGC 2 - Tanjung Priok, Kampung Melayu - Pulo Gebang, Penjaringan - Sunter Boulevard Barat, serta Puri Beta -Blok M.

Dia pun menyatakan bahwa pihaknya menghentikan layanan Angkutan Malam Hari (AMARI) sejak Minggu (15/3) malam.

Lebih lanjut, Nadia menyampaikan penetapan pengurangan interaksi fisik diterapkan di halte dan bus Transjakarta yang melintas di 13 koridor dilakukan dengan memberikan jarak antar-individu sejauh satu hingga dua meter dalam ruang publik transportasi, seperti di halte dan dalam bus.

Untuk di halte, menurutnya, Transjakarta akan memberikan marka dan mewajibkan pelanggan berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Sedangkan untuk di dalam bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasir interaksi fisik antar-pelanggan.

"Petugas halte dan petugas keamanan akan membantu pengaturan duduk di dalam bus dan diharapkan pelanggan dapat ikut seperti arahan yang ditentukan untuk kesehatan dan kenyamanan pelanggan," ucap Nadia.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, katanya, Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte. Nadia berharap, pelanggan bisa bersabaruntuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan ini.

Nadia pun mengungkapkan bahwa Transjakarta melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya lebih sering dan interval waktu yang lebih singkat juga untuk pemasangan seluruh cairan pencuci tangan di bus.

Pihaknya akan memastikan ketersediaan isi ulang cairan pencuci tangan di setiap halte dan bus.

Untuk sementara ini, Nadia berkata, Transjakarta juga mengubah pola pengurusan kartu gratis. Pengurusan secara langsung ke kantor akan diistirahatkan terlebih dahulu.

"Pelanggan kami sarankan untuk melakukan pengurusan melalui sistem online layanan pelanggan 1500-102," katanya.

(mts/ugo)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/38P4GQQ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mulai Besok Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute"

Post a Comment

Powered by Blogger.