Search

RS Unair Surabaya: Tes Corona Tak Serta-merta Gratis

Surabaya, CNN Indonesia -- Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Nasronudin mengatakan pemeriksaan warga yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur, untuk tes virus corona (Covid-19) tak serta-merta gratis. Ia menyebut sejumlah syarat harus dipenuhi para warga yang ingin melakukan tes.

Nasronudin mengakui pihaknya bekerja sama dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk pemeriksaan warga terkait corona. Namun, pemeriksaan ini tak gratis untuk semua warga seperti disampaikan Risma sebelumnya.

"Namun tidak serta merta semua orang datang kemudian diperiksa dan free, jadi ada ketentuannya," kata Nasronudin, di Surabaya, Senin (16/3). 


Nasronudin mengatakan warga Surabaya bisa mengikuti pemeriksaan swab pendeteksi virus corona secara gratis, jika memiliki KTP Surabaya dan memenuhi sejumlah kriteria. 
Kriteria tersebut antara lain, memiliki riwayat kontak dengan pasien positif, riwayat berpergian dari dan ke daerah episentrum corona, dan memiliki gejala penyakit seperti demam, batuk serta sesak nafas.

Menurut Nasronudin, masyarakat Surabaya yang tak memiliki gejala covid-19 dan riwayat kontak dengan pasien maupun perjalanan ke daerah episentrum tak bisa melakukan tes secara gratis.

"Kalau di luar kategori itu tidak free, tapi kalau tetap ingin diperiksa  ada masyarakat yang membayar sendiri, ada yang pakai asuransi, kami membuat kebebasan," ujarnya.

"Free itu tidak serta merta, supaya tidak salah menangkapnya, supaya kami pun bisa bekerja dengan baik," kata Nasronudin menegaskan.

RSUA Surabaya: Tes Corona Tak Serta-merta GratisFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya akan menanggung seluruh biaya perawatan warganya jika mengalami gejala virus corona. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan biaya yang ditanggung mulai dari tahap pengecekan, observasi, termasuk perawatan jika pasien tersebut dinyatakan positif.

"Warga enggak usah takut, biaya akan ditanggung oleh pemerintah kota, kalau ada gejala seperti itu, tolong segera periksakan, enggak usah ragu dan takut, engko biayane piye (nanti biayanya bagaimana)? Biayane pemerintah kota," kata Risma, saat meninjau Tropical Disease Center, Unair, Surabaya, 3 Maret lalu.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah telah menunjuk Unair untuk ikut melakukan tes spesimen pasien terkait virus corona. Unair sudah memiliki Laboratorium Biosafety Level 3 yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan tes corona.

Sampai Senin (16/3), pemerintah menyebut pasien positif corona di Indonesia mencapai 134 orang. Dari total itu 8 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia. Bahkan, tiga pasien yang diidentifikasi kasus 01, 02, dan 03 sudah diperbolehkan untuk pulang. (frd)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2IU8c1L
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RS Unair Surabaya: Tes Corona Tak Serta-merta Gratis"

Post a Comment

Powered by Blogger.