Search

Cegah Corona, DMI Imbau Umat Kurangi Aktivitas di Masjid

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau agar warga mengurangi aktvitas di masjid. Imbauan ini disampaikan demi mencegah penularan virus corona (Covid-19).

"Intinya memang kumpul-kumpul itu harus dikurangi," kata Kepala Departemen Antar Lembaga DMI, Husain Abdullah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (15/3).

Namun begitu, menurut dia, sejauh ini, DMI baru mengimbau kepada jemaah yang mengalami sakit flu, demam, agar tidak ke masjid terlebih dulu.


Sementara itu, untuk jemaah yang sehat dan tetap ingin melaksanakan salat berjamaah atau mendatangi kegiatan lainnya, seperti ceramah dan pengajian diimbau untuk membawa sajadah masing-masing.

"Jamaah diminta bawa sendiri, sajadah atau alas buat sujud," ungkapnya.

MUI Siapkan Fatwa

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan fatwa untuk mengurangi aktivitas di dalam masjid untuk pencegahan penularan corona.

Menurut Anwar, selama ini Komisi Fatwa MUI belum bisa membuat fatwa, lantaran masih menunggu penjelasan secara detail dari pihak Kementerian Kesehatan. Rencananya, MUI juga akan mengundang Kemenkes untuk membicarakan hal ini Senin (16/3).

"Besok kita akan undang Kemenkes, diminta menjelaskan tentang virus macam-macam, setelah itu kita hubungkan dengan nilai-nilai dalam Al Quran dan hadits, baru bisa kita berijtihad, apa hukumnya," jelas Anwar saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Wakil Ketua MUI Muhyiddin Junaidi sebelumnya baru mengimbau agar seluruh umat Islam menghindari acara yang dihadiri banyak orang untuk mencegah penularan corona.

Dia juga meminta agar tidak ada pihak yang menghelat acara tabligh akbar untuk sementara. Kalau pun ingin tetap menggelar tabligh akbar, sebaiknya mereka harus mendapat izin dari Dinas Kesehatan setempat.

Menteri Agama Fachrul Razi juga telah mengimbau agar umat beragama menghindari berada terlalu lama berkumpul di rumah ibadah.

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan, menghindari kontak atau sentuhan langsung. Umat juga diimbau tidak terlalu lama berkumpul di rumah ibadah," kata Fachrul seperti dikutip dari situs resmi Kemenag.

Ia juga mengimbau agar warga tidak memaksakan diri hadir di rumah ibadah jika merasa tidak sehat.

"Jika ada yang merasa kurang sehat atau kondisi tubuh sedang tidak fit, diimbau tidak datang ke rumah ibadah dan madrasah, demi kepentingan sendiri dan warga lainnya," tandasnya.

(dmi/ugo)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2Wle4Jr
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Corona, DMI Imbau Umat Kurangi Aktivitas di Masjid"

Post a Comment

Powered by Blogger.