Search

Komisi X Minta Nadiem Beri Solusi Konkret soal Guru Honorer

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDIP Andreas Hugo Pareira meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim untuk memberikan solusi konkret bagi ratusan ribu guru honorer yang tak jelas kesejahteraan dan penghasilannya. Hal itu ia katakan sekaligus untuk merespons pidato Nadiem dalam rangka Hari Guru Nasional 2019. 

"Di Indonesia saat ini terdapat ratusan ribu tenaga guru honorer yang 'kerja bakti' dengan penghasilan yang jauh dari kelayakan manusiawi.  Kepada mereka ini, harus ada solusi segera, demi Indonesia Maju sumber daya manusia," kata Andreas kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/11).

Lebih lanjut, Andreas menyinggung program prioritas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memajukan sumber daya manusia Indonesia selama lima tahun ke depan. Menurutnya, program itu tak akan tercapai apabila para guru atau tenaga pengajar tak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Para guru, lanjut Andreas, selama ini menjalankan pelbagai pekerjaan dan tantangan berat dalam menciptakan SDM Indonesia yang unggul. 


"Guru bekerja untuk mendidik (how to teach, how to educate), di mana dalam mendidik dibutuhkan sentuhan-sentuhan afeksi yang tak tergantikan oleh alat informasi dan teknologi," kata dia.

Melihat hal itu, Andreas meminta Nadiem untuk menjadikan guru sebagai aktor utama dalam skala prioritas guna pembangunan SDM.

Ia turut meminta Nadiem untuk membuat program-program yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas guru ke depannya.

"Nadiem Makarim perlu memikirkan program-program yang out of the box, untuk mengakselerasi, kualitas dan kapasitas guru, memberikan jaminan fasilitas kerja yang layak untuk para guru, jaminan hidup yang layak untuk guru bekerja full time mendidik siswa," kata Andreas.

[Gambas:Video CNN]

Naskah pidato Nadiem dalam rangka Hari Guru Nasional 2019 mendapat sorotan publik. Pidato singkat itu dinilai mengangkat masalah-masalah yang dihadapi guru Indonesia selama ini.

Mantan Bos Gojek itu meminta para guru untuk memulai perubahan lewat lima program, yaitu mengajak kelas berdiskusi bukan hanya mendengar, kemudian beri kesempatan pada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

(rzr/kid)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/37yRWyj
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi X Minta Nadiem Beri Solusi Konkret soal Guru Honorer"

Post a Comment

Powered by Blogger.