Search

Karpet Media Penularan Corona, Menag Minta Masjid Gulung

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masjid-masjid untuk menggulung karpet demi mencegah penyebaran Virus Corona. Pasalnya, karpet itu jadi salah satu sumber penyebaran penyakit.

"Sekarang akan mengimbau semua masjid melakukan hal yang sama. Satu, menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit," ujar Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3).

Selain itu, dia mengimbau masjid rutin menyemprotkan disinfektan atau cairan antiseptik di area masjid.


Kepada para jemaah, Fachrul mengingatkan untuk tak bersalaman dan mencium pipi kanan dan kiri (cipika cipiki). "Sementara waktu ini tidak lagi bersalaman apalagi cipika cipiki karena ini ternyata media penularan penyakit," katanya.

Mantan Wakil Panglima TNI ini juga mengingatkan agar jemaah mengambil wudu di bawah air yang mengalir. Di tempat wudu, pihak masjid juga mesti menyiapkan sabun dan cairan antiseptik.

"Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik, penularan penyakit menjadi lebih sedikit," ucap Fachrul.

Untuk salat Jumat sendiri, Fachrul menyebut masih akan digelar seperti biasa di Masjid Istiqlal. Durasi khotbahnya juga tak akan dikurangi. Nantinya, pihak masjid akan menyediakan alat pengukur suhu tubuh untuk mengecek suhu jemaah yang masuk ke masjid.

[Gambas:Video CNN]
"Nanti kami siapkan bisa melalui pintu-pintu masuk dites satu per satu. Mudah-mudahan jemaah lebih tenang melakukan ibadah," tuturnya.

Selain di masjid, Fachrul juga akan mengeluarkan imbauan serupa di tempat ibadah lain. "Nanti kami keluarkan imbauan untuk melakukan hal yang sama demi kemaslahatan umat. Semua jamaah," katanya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan penggulungan karpet berkaca dari kasus penyebaran Corona yang menimpa jemaah di Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Kami menggulung karpet karena kasus yang terakhir menimpa jemaah yang ikut pengajian akbar di Malaysia, Brunei, penularannya oleh karpet. Saudi Arabia pun melakukan hal yang sama," ujarnya.

Selain menggulung karpet, pihak masjid Istiqlal juga akan mensterilkan mikrofon yang digunakan oleh pengkhotbah. Pihak masjid juga akan mensterilkan uang infaq dari jemaah.

"Kami lebih mendetail yang kecil-kecil seperti mikrofon kami sterilkan, uang receh kan ada uang China, dolar, penularan melalui uang juga kami sterilkan," ucapnya.

Diketahui, di Indonesia sendiri sejauh ini ada 34 pasien positif Corona. Lima di antaranya sudah dinyatakan sembuh, termasuk pasien pertama di Indonesia.

(psp/arh)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2w3XCSP
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karpet Media Penularan Corona, Menag Minta Masjid Gulung"

Post a Comment

Powered by Blogger.