Search

Situasi Normal, Massa Berkumpul di Kantor Wali Kota Sorong

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah dua hari suasana mencekam karena kerusuhan di SorongPapua Barat ujung dari protes massa, hari ini situasi di Sorong relatif normal. Walaupun begitu, massa masih berkumpul di depan Kantor Wali Kota Sorong, Rabu (21/8).

Seperti dilaporkan Jurnalis Transmedia Jersy Allen, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau tampak berada di depan massa. Namun, saat laporan disampaikan baru orator-orator saja yang berbicara di depan massa yang berkumpul di sana sejak pukul 10.00 WIT.

Sementara itu, seperti dilansir Antara, pada pagi tadi masyarakat telah kembali beraktivitas seperti biasa setelah kerusuhan di Sorong dua hari terakhir.

Salah satu yang terpantau adalah di jalan utama depan Bandara Domine Eduard Osok. Tampak kendaraan roda dua maupun roda empat telah ramai melintas.

Aktivitas di Bandara Sorong pun terlihat telah berjalan lancar sejak pukul 06.00 WIT. Namun fasilitas masuk ke halaman parkir bandara rusak, sehingga kendaraan bebas masuk keluar tanpa dikendalikan.

Petugas parkir juga belum beraktivitas karena fasilitas rusak. Alhasil, kendaraan yang keluar masuk bandara tersebut bebas tanpa membayar retribusi.

Terlihat pula pada beberapa ruas jalan, warga telah keluar untuk bergotong royong membersihkan kayu dan batu masih berserakan yang digunakan memblokade jalan raya.

Sebagian toko sudah mulai beraktivitas, meskipun masih ada juga yang tutup.

Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Siregar mengimbau warga setempat agar tenang dan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

"Mari kita menenangkan diri dan tidak melakukan aksi-aksi yang mengganggu kamtibmas yang pada akhirnya merugikan kita semua selaku warga Kota Sorong," ujarnya seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, selama dua hari situasi di Sorong mencekam imbas dari aksi massa yang memprotes insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Jatim, Wali Kota Surabaya, dan Wali Kota Malang telah menyampaikan permintaan maaf. Pun, koordinator kelompok ormas yang sempat mengepung Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencoba menenangkan agar kerusuhan di Papua tak melebar. Jokowi menyatakan pemerintah akan berusaha menjaga harkat markat anak bangsa, termasuk di Papua.

"Yakinlah pemerintah menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pakce Mace, mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat," ujar Jokowi, Senin (19/8).

Sementara itu, aksi protes berujung Kerusuhan di Papua dan Papua Barat di antaranya terjadi di Jayapura, Sorong, Manokwari, hingga Fakfak.


[Gambas:Video CNN] (kid, Antara/ugo)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2ZkOLVn
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Situasi Normal, Massa Berkumpul di Kantor Wali Kota Sorong"

Post a Comment

Powered by Blogger.