Search

Meski Ajukan PSBB, Tegal Masih Berlakukan Local Lockdown

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah telah mengajukan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah pusat guna menanggulangi virus corona (Covid-19). Pemerintah pusat belum memutuskan pengajuan dari Pemkot Tegal.

"Iya sudah diajukan," tutur Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (4/4).

Meski sudah mengajukan PSBB, Pemkot Tegal masih belum mau mencabut kebijakan local lockdown atau karantina wilayah yang direncanakan berlaku 30 Maret-30 April. Sejumlah jalan masih ditutup.


"Enggak (cabut local lockdown). Masih ada 45 titik yang kita beton," kata Jumadi.

Sebenarnya, Pemkot Tegal sudah mulai membuka sejumlah ruas jalan masuk dari daerah lain. Mulanya hanya satu, tetapi kini ada 5 jalan yang dibuka sejak Kamis (2/4), yaitu Jalan Proklamasi, Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar perbatasan Kabupaten Tegal, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Jenderal Soedirman.

Meski demikian, Jumadi menegaskan pembukaan jalan itu bukan berarti Pemkot Tegal mencabut local lockdown. Itu tetap akan berlaku hingga pemerintah pusat memutuskan soal PSBB yang telah diajukan Pemkot Tegal.


[Gambas:Video CNN] Jumadi menjelaskan bahwa Pemkot Tegal sengaja membuka 5 jalan masuk dari daerah lain usai melakukan evaluasi. Pemeriksaan suhu dan kondisi kesehatan pendatang pun dilakukan dengan ketat.

"Banyak warga yang mudik masuk ke Kota Tegal," kata Jumadi.

"Sehingga daripada ada kemacetan malah menyebabkan orang berkerumun malah tidak sesuai untuk menjaga physical distancing, maka lebih baik kita buka aksesnya dengan dibuat posko pengecekan suhu dan penyemprotan disinfektan untuk orang dan kendaraannya.

Pemkot Tegal juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya corona. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan sosialisasi menggunakan paralayang.

"Paralayang ini inovasi pertama dalam mengedukasi masyarakat dengan brosur dan flyer karena kita tidak boleh ketemu langsung, harus social dan physical distancing, makanya kita dari langit," kata Jumadi.

(bmw)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2x6AIef
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meski Ajukan PSBB, Tegal Masih Berlakukan Local Lockdown"

Post a Comment

Powered by Blogger.