Search

Tunggu Bantuan Disalurkan, Gowa Tunda PSBB Pekan Depan

Makassar, CNN Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menunda penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB di Gowa sedianya berlaku hari ini, Rabu (29/4)

Tapi Pemkab Gowa memilih untuk menundanya hingga Senin (4/5) pekan depan karena menunggu distribusi bantuan sosial ke warga miskin atau rentan selesai.

"Kami sepakat untuk menyalurkan dulu bantuan sosial, kemudian PSBB dimulai. Salah satu yang ditunggu adalah pencairan dana desa yang diperkirakan akan cair awal Mei mendatang," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya.


Keputusan ini dibuat setelah rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Gowa Senin lalu.
Adnan mengatakan, jika PSBB tetap dimulai hari ini, maka sekitar 11.666 Kepala Keluarga (KK) warga miskin yang belum mendapat bantuan. Mereka harusnya bantuan dari pos anggaran dana desa yang diperuntukkan untuk penanganan Covid-19.

"Kami berharap PSBB Kabupaten Gowa ini betul-betul berjalan dengan baik dan masyarakat betul-betul tinggal di rumah selama pelaksanaan PSBB sehingga mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa ini bisa terputus. Konsekuensinya memang, harus dipastikan yaitu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat selama 14 hari," kata Adnan.

Untuk memastikan seluruh warga miskin, rentan atau penerima manfaat benar-benar telah menerima bantuan, Pemkab Gowa menyediakan pos pengaduan di tingkat kabupaten dan kecamatan.


Kehadiran pos pengaduan atau call center ini dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan dirinya yang belum terdata dan ikut berdampak covid 19.

Call centre ini, kata Bupati Adnan, dibuat untuk membantu masyarakat yang tidak masuk dalam Daftar Terpadu Kementrian Sosial (DTKS) namun ikut terdampak dalam kondisi pandemi ini.

Masyarakat bisa menghubungi call centre maupun pos pengaduan jika ada yang belum menerima bantuan. Persyaratan administrasi yang diwajibkan untuk diperlihatkan adalah  Kartu Keluarga (KK) atau KTP Gowa. Setelah melakukan pelaporan maka data yang masuk akan tim verifikasi.


Bantuan sosial yang dipersiapkan Pemkab Gowa bagi mereka yang terdampak Covid-19 sebanyak 50 ribu paket sembako. Sebanyak 17.242 paket akan diperuntukkan bagi mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kementrian Sosial (DTKS) yang belum tersentuh bantuan dari pusat maupun provinsi. Sisanya akan diperuntukkan mereka yang belum masuk dalam data. (svh/sur)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia | Berita Terkini Nasional https://ift.tt/2Wc91ZS
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tunggu Bantuan Disalurkan, Gowa Tunda PSBB Pekan Depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.