Search

Singgung Potensi Bencana, BNPB Ingatkan Tata Ruang di Kaltim

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan catatan mengenai rencana tata ruang di Kalimantan Timur, berkaitan dengan lokasi baru ibu kota negara. Deputi Sistem dan Strategi BNPB, Wisnu Widjaya menyebut persiapan tata ruang jadi perhatian penting, terutama menghindari potensi bencana seperti banjir, tsunami dan gempa bumi.

"Kalau desainnya dari awal sudah kita ketahui akan mudah untuk dikelola. Beda kalau sudah terlanjur dibangun, itu baru masalah lain," kata Wisnu kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/8).

BNPB sendiri mencatat terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi bencana alam di Kalimantan Timur. Namun demikian, BNPB masih memasukkan wilayah di Kaltim dalam kategori sedang ataupun rendah.

Dua kabupaten yang dipilih Jokowi sebagai ibu kota baru juga dinilai masih memiliki potensi bencana, khususnya yang terkait dengan lingkungan, yaitu banjir. Tercatat setidaknya delapan kabupaten/kota di Kalimantan Timur memiliki bahaya kelas tinggi terjadi banjir.

Selain itu, menurutnya, pertimbangan tata ruang harus dikaitkan dengan potensi gempa di Kalimantan Timur. Sebelumnya, Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami

BMKG Daryono menyatakan bahwa Kalimantan tak sepenuhnya bebas dari gempa. Bahkan, lanjutnya, Kalimantan Timur justru memiliki 3 sesar. Menurut Wisnu tidak ada satu pun wilayah yang aman dari gempa bumi. Ia mengingatkan pengelolaan risiko dapat dilakukan dengan mengetahui masalah dari lingkungan tersebut.


"Dalam pembangunan seharusnya patahan itu dihindarkan, jangan sampai membuat bangunan di atas patahan, " imbuhnya.

Selain gempa bumi, kata dia, untuk kebakaran hutan menurutnya Kalimantan Timur masih menjadi lebih aman jika dibandingkan dengan wilayah Kalimantan lainnya. Ia menegaskan pemindahan ibu kota ini mesti jadi salah satu upaya pemerataan pembangunan, tanpa mengabaikan penanggulangan bencana.
[Gambas:Video CNN] (mjo/ain)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2ZsKpjb
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Singgung Potensi Bencana, BNPB Ingatkan Tata Ruang di Kaltim"

Post a Comment

Powered by Blogger.