Search

Alexander Marwata, Firli Hingga Antam Tes Wawancara Capim KPK

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) mulai menjalani tes wawancara dan uji publik di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (27/8). Sebanyak 20 orang lolos tes pendalaman kepribadian kini berhak mengikuti wawancara dan uji publik.

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih mengatakan hari ini ada tujuh orang kandidat yang mengikuti tes wawancara dan uji publik. Sementara itu, 13 orang sisanya bakal mengikuti tes secara bertahap pada Rabu (28/8) hingga Kamis (29/8).


"Diikuti oleh 20 peserta, hari ini tujuh peserta sedang di karantina. Selamat kepada peserta 20 orang akan mengikuti tahap akhir wawancara dan uji publik menjadi satu," ucap Yenti Garnasih di Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Selasa (27/8).

Yenti menyebutkan Pansel dibantu oleh dua orang panelis yakni sosiolog Meutia Gani Rahman dan pakar hukum pidana Luhut Pangaribuan. Setiap satu capim KPK mendapatkan waktu satu jam untuk menjawab pertanyaan dari pansel dan panelis.

"Pansel mendapatkan 40 menit dibagi sembilan pansel dan publik diwakili Meutia dan Luhut diberikan waktu 20 menit," ujar Yenti.


Wawancara dan uji publik bakal dilakukan secara bertahap pada Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8) dan diikuti oleh tujuh hingga enam pansel per harinya.

Adapun ketujuh kandidat yang mengikuti tes hari ini yakni, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakabareskrim Polri Irjen Antam Novambar, Dosen Sespim Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto, Karyawan BUMN Cahyo R.E. Wibowo, Kapolda Sumatra Selatan Irjen Firli Bahuri, Auditor BPK I Nyoman Wara dan Penasihat Menteri Desa Jimmy Muhammad Rifai Gani.

Sebelumnya, 20 calon pimpinan KPK menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Senin (26/8).

Kepala RSPAD Gatot Soebroto dokter Terawan Agus Putranto mengatakan para capim KPK akan menjalani tes kesehatan fisik maupun kejiwaan.

"Diperiksa semuanya termasuk jasmani dan juga kejiwaan, semua diperiksa di sini dengan lengkap, dengan semua sarana pra sarana yang ada di rumah sakit ini," kata Terawan kepada wartawan sebelum memulai tes.


[Gambas:Video CNN] (sah/pmg)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/3278N7S
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alexander Marwata, Firli Hingga Antam Tes Wawancara Capim KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.