Search

Pengacara Luhut Pangaribuan jadi Penguji Tes Capim KPK

Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) menunjuk Meutia Garni Rahman dan Luhut Pangaribuan menjadi penguji dalam tahap uji publik terhadap 20 capim KPK. Mereka dinilai mampu menjadi pakar penguji.

Uji publik bakal jadi rintangan terakhir para capim KPK sebelum diserahkan ke Presiden Joko Widodo dan diuji kembali oleh DPR RI.

"Meutia Garni Rahman sama Luhut MP Pangaribuan. Bu Meutia kan sosiologi antikorupsi ya, concern dalam isu korupsi dan empat tahun lalu juga ikut. Pak Luhut pakar hukum pidana, semua orang tahu sehingga dia memiliki kompetensi," ujar Anggota Pansel Capim KPK Al A'raf, Senin (26/8).

Seperti diketahui, Luhut merupakan pengacara senior. Dia sudah malang melintang di dunia hukum.

Saat ini, Luhut menjadi kuasa hukum tersangka suap terkait pengadaan pesawat Airbus SAS dan mesin pesawat Rolls-Royce PLC di PT Garuda PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Dia juga pernah menjadi kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf pada sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.

Sementara Meutia adalah sosiolog dari Universitas Indonesia. Namanya tak asing dalam dunia antikorupsi. Ia pernah ditunjuk sebagai pengajar di Akademisi Antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW).

Al Araf mengatakan dua pakar itu akan mewakili peran serta masyarakat dalam menggalih setiap capim KPK. Uji publik nantinya akan dibuka dan bisa disaksikan masyarakat luas.

"Kalau misalnya hasil proses nanti rapat akan menilai tentang rekam jejak, uji publik, dan wawancara ya bisa jadi kemunginan Senin paling lambat. Tapi kita berharap Jumat sudah bisa diumumin," tuturnya.

CNNIndonesia.com sudah berusaha untuk menghubungi Luhu MP Pangaribuan untuk meminta konfirmasi. Namun panggilan telepon belum direspons oleh Luhut.

Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) usai mengumumkan 20 peserta lulus dari tes profile assesment. Jumlah itu merupakan hasil seleksi dari 40 orang.

Mereka yang lolos dari lingkungan KPK (2) antara lain, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata serta pegawai KPK Sujarnako.

Kemudian, mereka yang berasal dari Polri yakni Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Irjen Antam Novambar, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri, Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, serta Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Sri Herwanto.

Mereka yang berasal dari lingkungan Kejaksaan adalah Johanis Tanak, Sugeng Purnomo, dan Supardi.

Kemudian, auditor BPK I Nyoman Wara, advokat Lili Pintauli Siregar, pensiunan jaksa Jasman Pandjaitan, hakim Nawawi Pomolango, dosen Luthfi Jayadi Kurniawan, aosen Neneng Euis Fatimah dan aosen Nurul Ghufron.

Lalu, PNS Sekretaris Kabinet Roby Arya, PNS Kementerian Keuangan Sigit Danang Joyo, Penasihat Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Jimmy Muhamad Rifai Gani serta Karyawan BUMN Cahyo RE Wibowo.
[Gambas:Video CNN] (dhf)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/3227arV
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengacara Luhut Pangaribuan jadi Penguji Tes Capim KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.