Search

Jokowi Resmi Lantik Wakil Gubernur Sulteng Terpilih

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) terpilih Rusli Baco Dg Palabbi, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). Rusli dilantik sebagai wakil gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Jokowi kepada Rusli, di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. Jokowi turut didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Selepas itu, Jokowi, JK, Tjahjo serta Rusli berjalan bersama dan diiringi pasukan kirab kehormatan menuju Istana Negara. Sampai di Istana Negara, Rusli langsung mengambil posisi untuk dilantik.

Kemudian pihak Sekretariat Negara membaca Keputusan Presiden Nomor 66/P Tahun 2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan 2016-2021.


Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Rusli sebelum diambil sumpah secara agama Islam.

"Bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?" kata Jokowi. "Bersedia," jawab Rusli.

Jokowi kemudian meminta Rusli mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dirinya bacakan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar RI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti Rusli.

Setelah pembacaan sumpah, Rusli kemudian menandatangani berita acara pelantikan sebagai wakil gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021.


Rusli menjadi Wagub Sulteng menggantikan Sudarto yang meninggal 2016 lalu. Pemilihan kemudian dilakukan sesuai dengan mekanisme yakni melalui DPRD.

Rusli terpilih menjadi wakil gubernur Sulteng melalui pemilihan yang dilakukan oleh 43 anggota DPRD Sulteng dalam Rapat Paripurna, 8 Juli lalu. Ia menang telak usai meraih 35 suara dari lawannya Andi Mansur Pasande yang hanya mendapat 8 suara.

Sebelum menjadi wakil gubernur Sulteng, Rusli merupakan anggota DPRD Sulteng dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019. Ia juga menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulteng.


Hadir dalam pelantikan Rusli, antara lain Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Kemudian Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, politikus PAN Syarifuddin Suding, serta Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu. (fra/sur)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2U4P4CN
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Resmi Lantik Wakil Gubernur Sulteng Terpilih"

Post a Comment

Powered by Blogger.