Search

Incar Ketua MPR, Golkar Klaim Koalisi Jokowi Tak Keberatan

Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Golkar Zainudin Amali mengklaim partai politik di koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf tidak mempermasalahkan bila Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024 ditempati oleh perwakilan partainya.

Menurut Zainudin, sebagai partai politik peraih kursi DPR RI terbanyak kedua hasil Pemilu 2019, sudah sewajarnya Golkar menduduki jabatan Ketua MPR periode mendatang.

"Saya kira kalau di internal pendukung Jokowi tidak ada masalah (Golkar jadi Ketua MPR)," kata Zainudin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Kamis (1/8).

Meski demikian, dia menerangkan, proses komunikasi di antara fraksi-fraksi terkait posisi Ketua MPR mendatang masih berlangsung hingga saat ini.


Dia berharap, komunikasi antarfraksi ini dapat melahirkan kesepakatan formal sehingga pemilihan pimpinan MPR mendatang dapat dilakukan lewat musyawarah mufakat, bukan pemungutan suara.

"Harapan saya itu kita selesaikan dengan musyawarah mufakat karena itu lebih baik buat kita dan tidak terlalu memakan waktu serta energi," ucap Ketua DPD I Golkar Jawa Timur itu.

Golkar dikabarkan sudah menyiapkan sejumlah nama untuk mengisi kursi ketua MPR. Di antaranya, Aziz Syamsuddin, Zainudin Amali, Agun Gunandjar, Kahar Muzakkir, serta Bambang Soesatyo.

Wasekjen PKB Faisol Reza mengatakan parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf belum menjalin kesepakatan soal kursi Ketua MPR. Masih perlu pembahasan lebih lanjut.

"Menunggu pertemuan koalisi," kata Faisol.

Dia mengamini bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa, serta Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di DPP Nasdem pada pekan lalu. Faisol pun tidak membantah ada pembahasan soal kursi Ketua MPR.

Akan tetapi, tidak ada kesepakatan yang terjalin. Hanya NasDem yang tidak keberatan jika Golkar yang diberikan kursi Ketua MPR.

"Memang NasDem tidak berambisi untuk mengambil posisi Ketua MPR," ucap Faisol.

Belakangan, posisi Ketua MPR menjadi incaran sejumlah partai. Baik parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf, mau pun Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 lalu.

Selain Golkar, PKB merupakan salah partai politik koalisi Jokowi-Ma'ruf yang terang-terangan membidik kursi Ketua MPR periode mendatang. Mereka mencalonkan nama ketua umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
[Gambas:Video CNN] (mts)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2yqKVz1
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Incar Ketua MPR, Golkar Klaim Koalisi Jokowi Tak Keberatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.