Search

BNPB Resmikan Auditorium Sutopo Purwo Nugroho

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengabadikan jasa-jasa Sutopo Purwo Nugroho lewat peresmian auditorium yang diberi nama Ruang Serba Guna Dr. Sutopo Purwo Nugroho. Ruangan itu diresmikan BNPB atas dedikasi Sutopo selama menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB hingga akhir hayatnya.

Peresmian ruangan di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur ini dilakukan langsung oleh Kepala BNPB Doni Manardo bersama istri dan kedua anak dari Sutopo yang juga hadir dalam acara peresmian ini.

Mereka didaulat membuka tirai yang sebelumnya menutup nama ruangan itu sebagai simbol peresmian ruang serba guna yang rencananya akan digunakan untuk berbagai kegiatan berkenaan dengan lembaga BNPB.

"Dengan ini ruangan Dr. Sutopo Purwo Nugroho resmi dibuka," kata Doni saat menarik tirai penutup nama di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (1/8).

Para tamu undangan yang hadir pun langsung menyambut dengan tepuk tangan. Sebelum diresmikannya ruangan ini, istri dan anak mendiang Sutopo pun dipersilakam masuk terlebih dahulu ke dalam ruangan ditemani Doni.

"Terimakasih Pak," kata istri mendiang Sutopo menyalami Doni seraya bergegas masuk ke ruangan.

Aula Dr. Sutopo Purwo Nugroho sendiri sebenarnya tak berbeda jauh dengan aula lainnya di Gedung BNPB. Hanya saja ruangan yang diperkirakan bisa menampung kurang lebih 500 orang ini didominasi dengan lantai dan dinding kayu berwarna coklat.

Ruangan ini sebenarnya bukan ruangan yang baru dibangun di Graha BNPB. Aula ini telah sejak lama dibangun bersamaan dengan dibangunnya Graha BNPB. Hanya saja saat itu ruangan ini hanya bernama Aula Serba Guna.

Baru hari ini, tepat 1 Agustus 2019 ruangan tersebut diresmikan atas nama Dr. Sutopo setelah Sutopo meninggal pada 7 Juli lalu.

Sutopo sendiri menurut salah satu pegawai BNPB merupakan sosok pahlawan kemanusiaan yang turut membesarkan nama BNPB.

"Pak Topo selalu cepat untuk menginformasikan kepada media massa atau melawan hoaks terkait kebencanaan melalui media sosial. Dedikasinya bahkan tekah dikenal ke mancanegara," kata pegawai yang turut hadir dalam peresmian aula ini.

Dalam acara peresmian ini BNPB juga menyiarkan video profile Sutopo kala masih aktif menginformasikan kebencanaan.

Ruangan serba guna ini tak hanya berupa ruangan saja. Di berbagai sisinya dilengkapi juga standar keamanan seperti alarm kebakaran hingga dua pintu darurat sebagai bagian alur evakuasi jika dalam keadaan darurat.

[Gambas:Video CNN] (tst/osc)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Yk8fOo
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNPB Resmikan Auditorium Sutopo Purwo Nugroho"

Post a Comment

Powered by Blogger.